Kenalkan Wayang, Siswa 4C SD Muhammadiyah I Ketelan Surakarta Bikin Karya Shadow Puppet

Print Friendly and PDF

Siswa saat menampilkan karya shadow puppet beragam wayang dengan karakter pemain sepakbola, tokoh kartun Upin dan Ipin, hewan, dan karakter lainnya.


Kenalkan Wayang, Siswa 4C SD Muhammadiyah I Ketelan Surakarta Bikin Karya Shadow Puppet

Solo- majalahlarise.com -Diiringi canda dan tawa siswa antusias mengikuti kegiatan dengan menggunting, menempel, mengelem, dan mempersiapkan properti kardus sebagai kelir dalam memainkan wayang kertas nantinya.

Mata pelajaran Seni Rupa tema Shadow Puppet untuk siswa kelas 4C SD Muhammadiyah I Ketelan Surakarta dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan berdiskusi terkait tema serta keperluan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan wayang.

Berkarya seni rupa lewat Shadow Puppet ini, dimana sebelumnya diberikan materi mengenalkan keberagaman daerah yang memiliki kesenian ini seperti wayang kulit, wayang golek dan seni tradisi lainnya yang dibimbing dan diselenggarakan pada Kamis, 1 Februari 2024 dibimbing oleh guru mapel, Annida Lathifa Riandy Putri S.Pd.

Jumlah kelompok 5 tim dari 30 siswa kelas 4C ini menampilkan beragam wayang ada yang dengan karakter pemain sepakbola, tokoh kartun Upin dan Ipin, hewan, dan karakter lainnya.

Baca juga: SD Muhammadiyah PK Banyudono Wisuda 132 Tahfidz Qur'an di Puri Kencono Hotel Lorin Solo

Tampak Shakira dan kelompoknya sangat menyukai kegiatan ini. Saya senang karena bisa mengenal wayang dan mempraktekkan lewat karakter dan cerita yang dipilih oleh teman satu kelompok ungkapnya.

Tahapan akhir dari pembuatan wayang, siswa mempresentasikan hasil karya dengan memainkannya secara berkelompok lewat media kotak kardus dengan senter sebagai alat penerangan sehingga bayangan karakter akan terlihat diiringi cerita dari anggota kelompok.

Menurut Annida Lathifa Riandy Putri S.Pd. dalam rilis yang dikirim menyatakan tujuan kegiatan ini agar siswa dapat mengidentifikasi hubungan wayang dengan seni rupa dan seni tradisi di Indonesia. "Selanjutnya setelah kegiatan ini diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan bercerita dan membantu anak untuk mengungkapkan ekspresi, serta percaya diri untuk tampil di depan kelas," ungkapnya.

Baca juga: Tampilkan Kemahiran Siswa Berbahasa Inggris, SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Menggelar Acara "English Performance Act Globally, Love The Culture and Reach World Wide Achievement"



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top