Perayaan Natal Bersama 2023 ISI Solo dan UNS, Merajut Keberagaman dalam Damai dan Kemuliaan

Print Friendly and PDF

Perayaan Natal Bersama 2023 ISI Solo dan UNS.

Perayaan Natal Bersama 2023 ISI Solo dan UNS, Merajut Keberagaman dalam Damai dan Kemuliaan

Solo- majalahlarise.com -Dalam suasana keberagaman dan kerukunan, Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI Solo) menjadi tuan rumah Perayaan Natal Bersama 2023 dan Tahun Baru 2024, yang diselenggarakan oleh Paguyuban Umat Kristiani ISI Surakarta dan Paguyuban Umat Kristiani Universitas Sebelas Maret (UNS). Acara ini telah menjadi kegiatan tahunan yang membawa pesan damai, cinta kasih, dan kebersamaan di antara berbagai agama. Kegiatan ini berlangsung khidmat di Gedung Teater Besar “Gendhon Humardani” ISI Solo, Kamis (18/1/2023). 

Tema Natal 2023 yaitu "Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” yang diambil dari Lukas 2:14. Turut hadir Rektor ISI Solo, Dr. I Nyoman Sukerna, Rektor UNS yang diwakili oleh Wakil Rektor Riset dan Inovasi, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T.; beserta jajaran pimpinan ISI Solo-UNS, dan rohaniawan. Kegiatan telah diawali dengan Bakti Sosial Natal pada tanggal 17 Januari 2023 di UNS Medical Center. Rangkaian Perayaan Natal Bersama, dimulai dengan penyalaan lilin natal, karya pertunjukan natal dari mahasiswa ISI Solo, persembahan gerak dan lagu jawa, Paduan Suara KMK dan PMK UNS, ditutup dengan doa bersama.

Rektor ISI Solo, I Nyoman Sukerna, dalam sambutannya, merasa bangga bersyukur dapat menjadi tuan rumah dalam perayaan yang membawa pesan perdamaian, cinta kasih, dan kemuliaan bagi semua umat beragama serta menekankan pentingnya keberagaman dan kerukunan di tengah perbedaan. “Tema perayaan Natal tahun ini, “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi,” mengajak kita semua untuk merenung dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan, perdamaian, dan harmonisan hidup bersama,” tuturnya.

Beliau menyampaikan rasa bangga atas kolaborasi antara ISI Solo dan UNS dalam merayakan perayaan Natal ini sebagai wujud dari semangat kebersamaan dan toleransi di tengah-tengah masyarakat kampus, yang diharapkan dapat menjadi contoh bagi seluruh bangsa yang juga merupakan momentum indah untuk merayakan kebersamaan di tengah-tengah perbedaan. Oleh karena itu, Dr. I Nyoman Sukerna ingin mengajak umat Kristiani ISI Solo dan UNS untuk menjadikan tema tersebut sebagai panduan untuk menciptakan kehidupan yang penuh kasih, toleransi, dan keadilan di masyarakat.

Baca juga: Belajar Ragam Budaya Melalui Permainan Kuartet Nusantara

Sementara itu, Rektor UNS, yang diwakili oleh Prof. Dr. Kuncoro Diharjo menuturkan bahwa tema natal tahun ini mengisyaratkan bahwa pilihan untuk hidup rukun dan penuh kasih sayang adalah sebuah pilihan terbaik yang diajarkan oleh Tuhan kepada kita semuanya, yang harus kita perjuangkan dan harus kita tumbuh suburkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Tuntutan untuk bisa hidup berdampingan dalam kebersamaan merupakan anugerah Tuhan yang harus dijalani. Beliau turut mengajak umat kristiani UNS dan ISI  Solo untuk mempelopori budaya hidup damai dan bersaudara dalam balutan indahnya simfoni kebersamaan.

Dalam laporannya, Ketua Panitia, Renaldi Listianto, mengungkapkan rasa syukur atas partisipasi yang luar biasa dari berbagai pihak, termasuk berbagai elemen masyarakat dan sponsor yang turut mendukung keberhasilan acara ini. Renaldi menyampaikan bahwa tema "Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” menjadi landasan untuk menjalin kebersamaan, menggalang semangat aksi sosial, serta merayakan kekreativitas dan kegiatan liturgis melalui dua rangkaian kegiatan, yaitu bakti sosial dan perayaan Natal bersama.

Perayaan Natal bersama ISI Solo dan UNS ditutup dengan renungan dan doa penutup oleh Ps. Obaja Tanto Setiawan dari GBI Keluarga Allah. (Deua/ Anggun)

Baca juga: Belajar Ragam Budaya Melalui Permainan Kuartet Nusantara


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top