Progdi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Univet Bantara Jalin Kerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dalam Penulisan Disertasi dan Artikel Ilmiah menggunakan Aplikasi Mendeley

Print Friendly and PDF

Dr. Dewi Kusumaningsih, S.S., M. Hum, Mendeley Advisor Indonesia sekaligus dosen Progdi PBSI saat menerima cinderamata dari Prof. Dr. Zairan Noor, dr., SP. OT (K)., M.M., selaku Koorprodi S3 Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Lambung Mangkurat.


Progdi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Univet Bantara Jalin Kerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dalam Penulisan Disertasi dan Artikel Ilmiah menggunakan Aplikasi Mendeley

Sukoharjo- majalahlarise.com -Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Veteran Bangun Nusantara melakukan kerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Program S3 dalam penulisan Disertasi dan artikel ilmiah dengan menggunakan  aplikasi Mendeley. Materi dibawakan oleh dosen PBSI UNIVET yaitu Dr. Dewi Kusumaningsih, S.S., M. Hum, Mendeley Advisor Indonesia sekaligus dosen Progdi PBSI serta Prof. Dr. Kunddharu Saddono, M.Hum. Guru besar dari FKIP UNS.  

Para peserta adalah mahasiswa S3 Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan ULM yang berlatar belakang sebagai dosen, profesi, dan pegawai kedinasan di luar akademik. Aktivitas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis hasil penelitian dan pengembangan ilmu kesehatan di antara mahasiswa dan dosen yang memiliki berbagai latar belakang tersebut.

Dr. Dewi Kusumaningsih, S.S., M. Hum, saat membimbing penggunaan aplikasi Mendeley.

Baca juga: Kepala SD Muhammadiyah PK Banyudono Dikukuhkan sebagai Keluarga Besar Dai Standardisasi MUI

Dalam kerjasama ini, Prof. Dr. Zairan Noor, dr., SP. OT (K)., M.M., selaku Koorprodi S3 Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Lambung Mangkurat, turut aktif dari awal sampai selesainya acara workshop tersebut. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para peserta dalam hal bagaimana cara  menulis artikel, mencari referensi yang penting, bagaimana mengenal jurnal target untuk publikasi, dan mengenal pernak-pernik submit di jurnal. Penggunaan aplikasi Mendeley ternyata tidak sesederhana yang dimengerti para peserta. 

"Penggunaan Mendeley secara maksimal ternyata mampu memfasilitasi berbagai kebutuhan penelitian untuk disertasi para mahasiswa," terang Prof. Dr. Zairan Noor.

Pada kerjasama ini, Universitas Lambung Mangkurat mengharapkan dapat membantu para mahasiswa mempercepat kelulusan pada Angkatan 1 ini, sehingga kegiatan semacam ini akan terus dilaksanakan untuk angkatan berikutnya.

Seperti yang dikatakan oleh kaprogdi PBSI, Drs. Suparmin, M. Hum bahwa hasil kerjasama ini berupa Implementation of Action (IA) yang sudah dilakukan oleh kedua belah pihak. IA ini selanjutnya akan menambah IKU perguruan tinggi dalam kegiatan dosen mengajar di luar Lembaga. 

"Progdi PBSI yang sudah meraih nilai akreditasi unggul selalu melakukan banyak Kerjasama dengan berbagai Lembaga baik nasional maupun internasional. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan nilai unggul tersebut," tuturnya. (Sofyan)



Baca juga: Fakultas Hukum Unisri Peduli, Kirim 13 Tangki Air ke Desa Wonodadi Wonogiri



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top