Perdana di Indonesia, TVKU Semarang Gandeng Siswa Broadcasting dan Perfilman SMKN 1 Demak Siaran Televisi Bersama

Print Friendly and PDF

Siswa Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman SMK Negeri 1 Demak saat siaran televisi bersama dengan program acara bernama Kawanku (singkatan dari K-One TV dan TVKU) berdurasi 60 menit.

Perdana di Indonesia, TVKU Semarang Gandeng Siswa Broadcasting dan Perfilman SMKN 1 Demak Siaran Televisi Bersama

Demak- majalahlarise.com -Kawanku merupakan program acara televisi Bersama antara K-One TV SMKN 1 Demak dengan TVKU Semarang yang disiarkan langsung oleh TVKU melalui kanal TV Digital dan Youtube TVKU Semarang  pada Kamis 30 November 2023 Pukul 09.00 – 10.00 WIB. Hal ini sebagai wujud pelaksanaan link and match antara dunia sekolah dengan dunia industri dengan model pembelajaran Teaching Factory (TEFA). K-One TV merupakan stasiun televisi sebagai laboratorium praktik siswa Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman SMK Negeri 1 Demak.

Model pembelajaran Tefa telah diterapkan pada tahun pelajaran 2023/ 2024, sistem pembelajarannya blok merupakan salah satu cirinya. Para siswa seminggu full melaksanakan pembelajaran teori tanpa memikirkan Mapel Kejuruan begitu sebaliknya minggu berikutnya siswa full melaksanakan Pembelajaran Praktik tanpa memikirkan mata pelajaran teori. Dalam minggu praktik siswa Broadcasting dan Perfilman melaksanakan produksi program acara televisi yang disiarkan setiap hari Rabu dan Kamis. Melihat progres hasil produksi siaran broadcaster SMKN 1 Demak ini direktur TVKU Semarang Heri Pamungkas, S.Si, M.IKom langsung memberikan tantangan dengan mengajak siaran bersama disiarkan langsung oleh TVKU. Hal ini disampaikan pada saat TVKU Semarang mengisi kelas Industri di SMKN 1 Demak pada 8 November 2023.

Ta’nis Sholykhul Hady, S.Sos selalu Kepala Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman SMKN 1 Demak kepada majalahlarise.com menyampaikan kegiatan ini merupakan kesempatan emas bagi kita ditantang oleh TVKU sebagai TV Lokal terbaik Jawa Tengah pada KPID Award 2023. 

Presenter K-One TV Khalimatun Nadiya dengan narasumber Haris Wahyudi, S.Pd, M.Pd Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Provinsi Jawa Tengah, Haris Wahyudi R., AP, M.Si Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, Sapon, S.Pd, M.Pd Ketua PGRI Kabupaten Demak serta Agus Suroso, S.Pd, M.Pd Kepala SMKN 1 Demak dan Ta’nis Sholykhul Hady, S.Sos selalu Kepala Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman SMKN 1 Demak saat foto bersama.

Baca juga: Seminar Nasional Unisri, Gen Z Penentu Arah Bangsa

"Insya Allah siswa kami sudah siap untuk siaran bersama, karena mereka sudah biasa siaran setiap dua minggu sekali. Apalagi mereka sebelumnya pada tanggal 16 November telah sukses melaksanakan Tugas Akhir berupa Gelar Karya Siaran 8 jam mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB," tegasnya.

Siaran bersama dengan program acara bernama Kawanku (singkatan dari K-One TV dan TVKU) berdurasi 60 menit diawali pada 7 menit pertama opening program berupa chit chat antar presenter dari TVKU oleh Indira Majestica dengan Fahmi Malik Firdaus dari K-One TV. Dilanjutkan 7 menit program berita oleh Putri Ain Sarah Sofial sebagai News Anchor dan Vebyana Elissandria sebagai presenter yang melaporkan langsung situasi terkini di Kompleks Makan Sunan Kalijaga Demak. Program Acara berikutnya semakin gayeng berupa Talkshow Ekspresde (Ekpose Prestasi Demak) yang dibawakan oleh presenter K-One TV Khalimatun Nadiya dengan naras umber istimewa Haris Wahyudi, S.Pd, M.Pd Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Provinsi Jawa Tengah, Haris Wahyudi R., AP, M.Si Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, Sapon, S.Pd, M.Pd Ketua PGRI Kabupaten Demak serta Agus Suroso, S.Pd, M.Pd Kepala SMKN 1 Demak. 

Siaran langsung dari Komplek Makam Sunan kalijaga.


Talkshow kali ini mengambil tema Hari Guru Nasional. Di studio TVKU mendatangkan narasumber Dr. Ruri Suko Basuki, M.Kom Kaprodi Film dan Televisi Undinus. Talk show jadi tambah gayeng dengan iringan musik dari Kawan Band SMKN 1 Demak. K-One TV menyiarkan program siaran dari 3 lokasi studio yaitu Studio Utama, Studio News dan Komplek Makam Sunan kalijaga dengan kru berjumlah 25 orang siswa siswa Broadcasting dan Perfilman SMKN 1 Demak yang dipimpin oleh Aris Setiawan sebagai Program Director.

"Jadi semua sudah dikerjakan oleh para siswa sendiri, kami para guru duduk menikmati hasil karya siswa kami. Hanya yang masih menjadi kendala kami adalah jaringan internet yang kurang stabil," ungkap Ta’nis.

Direktur TVKU Semarang Heri Pamungkas, S.Si, M.Ikom langsung memberikan apresiasi dengan mengucapkan terima kasih atas suksesnya siaran bersama perdana ini, dengan kalimat singkatnya hasil tidak mengkhianati proses. 

"Persiapan siaran ini diawali dengan 3 kali ujicoba bersama sinkronisasi antara Studio K-One TV dan TVKU untuk memenuhi standard siaran TVKU. Apresiasi juga langsung diberikan oleh seluruh nara sumber Talk Show, ini adalah pembelajaran yang reel yang tidak ternilai kebermanfaatannya karena siswa betul betul terlibat langsung dalam dunia nyata. TVKU berharap kegiatan ini menjadi kegiatan yang berkelanjutan," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: Range de Culture, Usaha Alumni DKV FSRD ISI Surakarta Ikuti Program Pendampingan Merek Dagang dan Desain Industri




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top