Penarikan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 Tahun 2023 SD Negeri Langenharjo 02

Print Friendly and PDF

Penyerahan cinderamata kepada sekolah.


Penarikan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 Tahun 2023 SD Negeri Langenharjo 02

Sukoharjo- majalahlarise.com -Kampus Mengajar merupakan salah satu dari program unggulan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud-Ristek. Kampus Mengajar adalah program pengabdian mahasiswa untuk dapat mencari pengalaman di luar kampus yang ditempatkan di satuan pendidikan. Dalam penempatannya ada tiga jenjang pendidikan yaitu Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Kejuruan. Saat ini Kampus Mengajar sudah memasuki angkatan keenam. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2023 hingga 1 Desember 2023. 

Pada Sabtu, 2 Desember 2023 telah dilaksanakan penarikan secara langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan di SD Negeri Langenharjo 02 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo.Hal ini menandakan bahwa masa penugasan mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 di SD Negeri Langenharjo 02 telah selesai.

Kegiatan penarikan ini dihadiri oleh Drs. Suhirlan selaku Kepala SD Negeri Langenharjo 02, Sukarni, S.Pd., M.Pd., selaku Pengawas Sekolah, Saparni Retno Windarti, S.Pd., selaku Guru Pamong, Indarto, S.Sn., M.Sn. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL),seluruh Guru di SD Negeri Langenharjo 02 serta rekan-rekan mahasiswa yang bertugas di SD Negeri Langenharjo 02. Kegiatan ini diawali dengan sambutan-sambutan. Kemudian acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Kesan dan Pesan dari perwakilan mahasiswa, Penyerahan Cinderamata, kemudian Penutup.

Foto bersama Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Guru Pamong, Dosen Pembimbing Lapangan, Guru SD Negeri Langenharjo 02, dan mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6.

Baca juga: Perdana di Indonesia, TVKU Semarang Gandeng Siswa Broadcasting dan Perfilman SMKN 1 Demak Siaran Televisi Bersama

Drs. Suhirlan selaku Kepala SD Negeri Langenharjo 02 mengucapkan banyak terima kasih kepada kakak-kakak mahasiswa yang telah membantu di SD. Kedatangan kakak-kakak mahasiswa sangat bermanfaat bagi SD Negeri Langenharjo 02.

"Kami juga memohon maaf kepada kakak-kakak mahasiswa apabila selama tiga setengah bulan dalam menerima kakak-kakak mahasiswa terdapat kesalahan, baik yang kami sengaja maupun tidak disengaja," ucapnya.

Sukarni,S.Pd., M.Pd. selaku Pengawas Sekolah juga menyampaikan ucapan selamat tinggal kepada adik-adik mahasiswa yang telah bertugas di SD Negeri Langenharjo 02 selama tiga setengah bulan. "Kami juga ucapkan terima kasih atas partisipasinya dalam menjalankan tugas di SD Negeri Langenharjo 02. Semoga adik-adik mahasiswa selalu diberikan kelancaran dalam menjalani perkuliahan setelah masa penugasan ini selesai," ujarnya.

Setelah sambutan disampaikan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, selanjutnya sambutan sekaligus penarikan oleh Dosen Pembimbing Lapangan. Indarto, S.Sn., M.Sn. dalam sambutannya menyampaikan masa penugasan mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 yang berada di SD Negeri Langenharjo 02 telah usai. 

"Saya berharap dengan telah dilaksanakannya program ini dapat memberikan manfaat bagi kakak-kakak mahasiswa. Khusunya dalam pengelolaan manajemen komunikasi dan manajemen ego. Nantinya kegiatan ini akan berguna bagi kakak-kakak sekalian di waktu yang tepat. Bersamaan dengan sambutan ini, saya nyatakan mahasiswa yang bertugas di SD Negeri Langenharjo 02 resmi ditarik," tuturnya.

Vemas Dwi Agustino salah satu mahasiswa yang bertugas di SD Negeri Langenharjo 02 menyampaikan kesan dan pesannya program ini sangat berkesan untuk mahasiswa. 

"Dengan adanya program ini kami menjadi belajar dengan mengabdi secara langsung ke masyarakat khususnya di SD Negeri Langenharjo 02. Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi kami untuk mengimplementasikan apa yang telah dipelajari selama duduk di bangku perkuliahan. Pesan kami kepada sekolah adalah kami meminta tolong untuk lebih menghidupkan perpustakaan yang merupakan salah satu program kerja kami yaitu bedah perpustakaan sebagai salah satu sarana dalam meningkatkan literasi siswa SD Negeri Langenharjo 02," ujarnya.

Farel salah satu siswa juga menyampaikan kesannya, kedatangan kakak mahasiswa di sini menjadi salah satu kegembiraan bagi kami khususnya dalam pembelajaran sehari-hari. "Kakak-kakak mampu dengan sabar membimbing kami sampai kami bisa memahami materi yang telah disampaikan oleh guru-guru," tuturnya.

Setelah selesai menyampaikan kesan selama penugasan, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata kepada sekolah. Mahasiswa menyerahkan sebuah vandel kepada sekolah sebagai kenang-kenangan dan ucapan terima kasih karena telah menerima kedatangan mahasiswa dengan baik. Kemudian setelah penyerahan cinderamata, kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Guru Pamong, Dosen Pembimbing Lapangan, Guru SD Negeri Langenharjo 02, dan mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6.

Adapaun Tim Program Kampus Mengajar Angkatan 6 yang bertugas di SD Negeri Langenharjo 02 antara lain Indarto, S.Sn., M.Sn., (Institut Seni Indonesia Surakarta) selaku Dosen Pembimbing Lapangan, Saparni Retno Windarti, S.Pd., selaku Guru Pamong, Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 Vemas Dwi Agustino (Universitas Veteran Bangun Nusantara Program Studi Pendidikan Matematika), Stefani Ariana (Universitas Surakarta Program Studi Manajemen), Defita Nabila Zahra (Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris), Ilham Nur Safitri (Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Pendidikan Agama Islam), Vanissa Assyafi (Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Hukum Ekonomi Syariah). (Sofyan)

Baca juga: Seminar Nasional Unisri, Gen Z Penentu Arah Bangsa


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top