Memohon Segera Turun Hujan, SMP Negeri 2 Giritontro Gelar Sholat Istisqa dan Doa Bersama

Print Friendly and PDF

Kegiatan sholat istisqa dan khotib dipimpin oleh Slamet Nuryadi. Dalam khutbahnya Slamet Nuryadi mengajak para jamaah untuk selalu meningkatkan iman dan takwa dalam kondisi apapun. 


Memohon Segera Turun Hujan, SMP Negeri 2 Giritontro Gelar Sholat Istisqa dan Doa Bersama

Wonogiri- majalahlarise.com -Akibat dari musim kemarau yang panjang tahun ini banyak daerah di Kecamatan Giritontro dan sekitarnya yang mengalami kekeringan, susah mendapatkan air bersih, banyak terjadi kebakaran hutan dan lahan, serta banyak petani yang mengalami gagal tanam. Melihat kondisi tersebut para siswa, guru dan karyawan di SMP Negeri 2 Giritontro Wonogiri menyelenggarakan Shalat Istisqa dan doa bersama bertempat di halaman sekolah. Jum'at (15/12/2023).

Syarif Aminudin selaku koordinator kegiatan menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk bermunajat kepada Allah SWT agar di wilayah Giritontro Wonogiri dan sekitarnya segera diberikan hujan yang  memberikan manfaat. "Kegiatan Sholat Istisqa ini sebagai praktek pembelajaran bagi para siswa agar mereka lebih mengetahui fungsi dan  makna dari sholat istisqa tersebut," ujarnya. 

Lebih lanjut dipaparkan shalat Istisqa adalah shalat sunnah muakkad dua rakaat. Untuk meminta turunnya hujan kepada Allah SWT, adapun tata caranya mirip seperti pelaksanaan shalat Ied, termasuk soal jumlah takbir dan adanya khotbah setelah shalat. "Alhamdulillah pelaksanaan shalat ini berjalan lancar, semoga kemarau panjang segera berakhir dan segera turun hujan membawa berkah," harapnya.


Baca juga: Serunya Class Meeting Semester Gasal SMP Negeri 8 Surakarta 

Kegiatan sholat istisqa dan khotib dipimpin oleh Slamet Nuryadi. Dalam khutbahnya Slamet Nuryadi mengajak para jamaah untuk selalu meningkatkan iman dan takwa dalam kondisi apapun. Selain itu kita juga harus senantiasa sabar dalam menghadapi cobaan termasuk kemarau yang panjang. Jangan pernah lelah dalam berikhtiar dan  bertawakalah hanya kepada Allah SWT, " ungkapnya dalam khotbah.

Sebelum dilaksanakan sholat istisqa jamaah diajak untuk mengawali kegiatan dengan membaca Al Quran, Asmaul Husna dan Doa bersama yang dipimpin oleh Sukatmo. Menurutnya doa bersama ini untuk memohon pada Allah SWT agar dengan doa mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta  dikabulkan hajat kita semua.

Nampak ratusan jamaah sangat antusias dan khusuk dalam menjalankan seluruh rangkaian kegiatan sampai selesai. (Sofyan)

Baca juga: SD Muhammadiyah PK Kottabarat Raih Juara 2 Evaluasi Sekolah Ramah Anak Kota Surakarta


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top