Kolaborasi Wayang Beber Pacitan dengan Animasi Sebagai Luaran Tim Riset Terapan ISI Surakarta

Print Friendly and PDF

Siswa dari Jurusan DKV SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta melihat karya wayang beber yang dipajang di ruang diantara koleksi museum.


Kolaborasi Wayang Beber Pacitan dengan Animasi Sebagai Luaran Tim Riset Terapan ISI Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Pementasan karya animasi sebagai luaran dari Riset dari Program Hibah Penelitian Desentralisasi dalam skema Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi yang didanai di tahun II (2023) dari tiga tahun pelaksanaan, dimana Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds selaku ketua tim peneliti, dengan Rendya Adi Kurniawan, M.Sn., dan Sri Murwanti, SE., MM. sebagai anggota.

Rombongan siswa dari Jurusan DKV SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta yang hadir sebagai penonton tampak menikmati penayangan animasi wayang beber dan melihat karya wayang beber yang juga dipajang di ruang diantara koleksi museum ini dilaksanakan pada Rabu, 13 Desember 2023 bertempat di Museum Radya Pustaka, Surakarta yang juga sebagai mitra dalam riset bidang ilmu sosial humaniora kali ini. 

Riset multi tahun yang berjudul Transformasi Wayang Beber Melalui Motion Graphic Sebagai Upaya Media Alternatif Penanaman Budi Pekerti dan Hiburan Untuk Generasi Muda sebagai media alternatif edukasi dan pelestarian seni tradisi khususnya wayang beber Pacitan kepada generasi milenial.

Baca juga: SMP Negeri 8 Surakarta Gelar Workshop Upgrading Pengurus PMR  Periode 2023/ 2024

Bonita Rontyowati, SS. MM selaku Kepala UPTD Museum Disbudpar Kota Surakarta menyatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan implementasi riset yang mengandung edukasi dan rekreasi. Selanjutnya dengan penggunaan teknologi berupa animasi motion graphic dapat menjadi media alternatif dalam mendekatkan seni budaya seperti wayang dan seni tradisi lainnya.

Sedangkan menurut Basnendar Herry Prilosadoso sebagai ketua tim riset menyatakan implementasi yang dikemas dengan menarik dari aspek teknologi animasi motion graphic yang juga disesuaikan untuk kalangan milenial di era sekarang.

Aditya Candra Kartika, S. Pd sebagai guru Jurusan DKV SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta sangat terkesan dengan kegiatan ini yang bermanfaat untuk menambah wawasan bahwa seni rupa bisa berkolaborasi dengan bidang seni lainnya. (Sofyan)

Baca juga: Terapkan Jiwa Kewirausahaan, SD Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Market Day


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top