Tingkatkan Kualitas Produk, Dosen UHW Perbanas Dampingi UMKM

Print Friendly and PDF

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) UHW Perbanas melakukan pendampingan kepada UMKM.


Tingkatkan Kualitas Produk, Dosen UHW Perbanas Dampingi UMKM

Solo- majalahlarise.com -Usai dinyatakan lolos sebagai penerima Hibah Pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Berbasis Kemitraan Tahun 2023, sejumlah dosen Universitas Hayam Wuruk Perbanas mulai melakukan kegiatan pendampingan. Kali ini, ada 2 UMKM yang akan didampingi, yaitu UMKM DessertandChill dan UMKM Ar-Roya Catering and Cake.

Pada Sabtu (11/11), Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) UHW Perbanas melakukan pendampingan kepada UMKM DessertandChill yang beralamatkan di Perumahan Semolowaru Elok I/7 Kota Surabaya. Adapun dosen yang melakukan pengabdian di sana, antara lain: Dr. Muazaroh, S.E., M.T., (Ketua Tim Hibah), Dr. Supriyati, S.E., Ak., M.Si., Chitra Laksmi Rithmaya, S.E., M.M., Miftahul Adi Suminto, S.Sn., M.Medkom., Mohammad Al Hafidz, S.Kom., M.Kom., dan Ari Cahaya Puspitaningrum, S.Kom., M.Kom.

Menurut Dr. Muazaroh, S.E., M.T., setiap UMKM yang didampingi memiliki permasalahan yang berbeda. Pada UMKM DessertandChill ditemukan kurangnya kapasitas produksi, keterbatasan pemasaran, hingga pengelolaan yang masih seadanya dijalankan.

”Berbagai permasalahan UMKM itu, kami tawarkan solusi melalui berbagai aktivitas pembinaan. Kegiatan ini kurang lebih selama 2 bulan. Solusi yang kami berikan, berupa: pelatihan peningkatan kapasitas UMKM, penyediaan sarana dan prasarana produksi, pengembangan pemasaran secara digital, hingga pengelolaan UMKM yang terintegrasi dengan aplikasi E-Business,” jelas Muazaroh yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UHW Perbanas.

Anita Rahmasari, selaku pelaku usaha DessertandChill menyambut baik penawaran yang disampaikan oleh dosen UHW Perbanas. Semenjak pandemic Covid 19, dirinya merasa kurang produktif saat menjalankan usaha. Terlebih perlengkapan juga kurang memadai untuk meningkatkan kapasitas produksi. 

”Tawaran dari UHW Perbanas ini sangat membantu usaha kami. Karena dengan adanya kemitraan yang terjalin memudahkan saya memajukan usaha. Tadi juga dibantu untuk branding dan membuat kemasan menarik konsumen,” kesan Anita. (Sofyan)

Baca juga: Pelepasan Wisudawan dan Wisudawati Periode II Tahun 2023 Prodi Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top