UPT Bahasa Univet Bantara Sukoharjo Gelar Pelatihan Penulisan Essay di Media Massa

Print Friendly and PDF

Narasumber Ichwan Prasetyo (Redaktur Solopos Media Group) saat memaparkan materi penulisan essay.


UPT Bahasa Univet Bantara Sukoharjo Gelar Pelatihan Penulisan Essay di Media Massa

Sukoharjo- majalahlarise.com -Unit Pelaksana Teknis Bahasa (UPT Bahasa) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Essay di Media Massa dengan menghadirkan narasumber Ichwan Prasetyo (Redaktur Solopos Media Group). Bertempat di ruang seminar Gedung H. Rabu (18/10/2023).

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Dr. Farida Nugrahani menyampaikan sangat mendukung kegiatan ini karena di era saat ini penting sekali sebagai agen pembaharuan masyarakat akademik sebagai masyarakat ilmiah bisa menyumbangkan pikiran, tulisannya, ide cemerlang kepada masyarakat. Sehingga bisa mencerdaskan kehidupan masyarakat Indonesia.

"Era seperti ini penting orang memiliki wadah untuk bisa mengekspresikan ide dan pemikirannya. Selain membuat sehat, apa yang dipikirkan bermanfaat bagi orang lain khususnya bagi para dosen dan guru sangat penting karena menulis kreatif bisa mendapatkan penghargaan untuk kenaikan pangkat," ujarnya.

Narasumber Ichwan Prasetyo (Redaktur Solopos Media Group) saat foto bersama peserta pelatihan menulis essay.

Baca juga: Mantan Kepala Sekolah Lauching Buku Saat Acara Sertijab

Lebih lanjut dikatakan, manfaat yang bisa diperoleh mahasiswa melalui ketrampilan menulis bisa dijadikan alternatif pilihan profesi sebagai wartawan maupun penulis yang merupakan profesi menjanjikan di era saat ini.

"Melalui hasil tulisan bisa menyampaikan hal apa saja yang dipikirkan, dihasilkan penelitian kepada masyarakat akan menjadikan dirinya sebagai agen perubahan yang hidupnya bermanfaat bagi orang lain," terangnya.

Kepala UPT Bahasa Univet Bantara, Purwani Indri Astuti, S.S., M.Hum mengatakan kegiatan ini dilatarbelakangi dari fenomena yang ditangkap tidak banyak di antara pelajar, pendidik, mahasiswa maupun orang awam yang berani atau bisa menulis di media massa. Padahal kemampuan menulis sekarang ini semakin dibutuhkan bagi para pendidik karena menulis di media massa bisa menambah poin untuk kenaikan pangkat.

"Dari pelatihan menulis ini berharap para peserta mengirimkan tulisannya. Kita membuka konsultasi bagi peserta yang mengalami kesulitan masih dibuka peluang tanya jawab dengan narasumber. Hasil tulisan yang sudah dibuat peserta diharapkan bisa dikirim ke halaman email yang tadi sudah disampaikan narasumber. Lalu akan dipilih satu tulisan terbaik yang nantinya seandainya ada tulisan terbaik dimuat di Solopos," jelasnya.

Sementara itu, Narasumber Ichwan Prasetyo saat ditemui usai pemberian materi pelatihan menjelaskan agar bisa menulis Essay yang baik harus berlatih dan memaksa diri untuk menulis. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan dalam kualitas tulisan, hal yang dilakukan berkomunitas artinya berkumpul bersama orang-orang yang suka menulis. Karena di dalam komunitas ini ada mekanisme yang memaksa untuk suka menulis. Sedangkan untuk mengembangkan tulisan menjadi baik harus memperbanyak bacaan apa saja sesuai dengan minatnya.

"Menulis itu kalau tidak dipaksa tidak bisa. Maka kehendak sendirilah yang harus dimunculkan. Kalau kehendak dari luar itu tidak sesuai dengan dirinya juga tidak bisa menulis," tegasnya. (Sofyan)

Baca juga: Job Edu Fair 2023 SMK Veteran 1 Sukoharjo, Dekatkan Lulusan dengan Industri dan Perguruan Tinggi


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top