Universitas Dehasen Bengkulu sebagai Kampus Berbasis Wirausaha untuk Multigenerasi NKRI

Print Friendly and PDF

Universitas Dehasen Bengkulu sebagai Kampus Berbasis Wirausaha untuk Multigenerasi NKRI

Oleh: Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum.

Dosen PBSI FKIP UNS, Ketua Umum ADOBSI, & Penggiat Literasi Arfuzh Ratulisa

Email: rohmadi_dbe@yahoo.com/Youtube: M Rohmadi Ratulisa


Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum


"Kawan, wirausaha menjadi pilar  penguatan dan pengembangan diri untuk multigenerasi NKRI agar tetap tangguh, kreatif, inovatif, dan produktif untuk mendukung kemajuan dan kejayaan Indonesia tercinta"


       Kawan, siapa yang tidak mengenal Universitas Dehasen (UNIVED) Bengkulu. Kampus  ini didirikan pada 17 Maret tahun 2008 di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Indonesia. Kampus ini memiliki visi “Menjadi perguruan tinggi yang unggul di bidang kewirausahaan tingkat nasional pada tahun 2034”. Komitmen untuk menjadi kampus berbasis wirausaha menjadikan kampus Unived terus melalukan inovasi dan pengembangan kelembagaan dan penjaminan mutu secara berkelanjutan. Hal ini dibuktikan dengan peringkat akreditasi Unived saat ini BAIK SEKALI berdasarkan hasil penilaian BAN PT. Berbagai upaya untuk pengembangan dan penguatan kerja sama dengan lembaga pendidikan negeri, swasta, dan dunia usaha dan industri terus dilakukan dalam rangka mendukung implementasi program kampus merdeka dan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Komitmen rektor dan wakil rektor Unived untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi hardskill dan softskill dimulai sejak mahasiswa baru, kemudian dilanjutkan dengan penguatan mata kuliah kewirausahaan, dan praktik magang wirausaha pada dunia usaha dan industri secara berkelanjutan.

  Kampus Unived Bengkulu  dapat dikunjungi melalui website: unived.ac.id. Kampus Unived menjadi salah satu kampus primadona di Indonesia bagi multigenerasi NKRI. Mengapa demikian? Kampus Unived mencanangkan visinya sebagai kampus yang berbasis wirausaha untuk multigenerasi NKRI. Hal ini sejalan dengan program pemerintah khususnya pada capaian pembelajaran lulusan (CPL) PT yang harus: (1) memiliki pekerjaan, (2) melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, dan (3) menjadi wirausaha. Penguatan visi Unived tersebut bukan tanpa dasar, yakni sebagai wujud kepedulian Unived untuk mencetak para sarjana yang unggul, kreatif, inovatif, dan produktif yang siap membuka lapangan pekerjaan sebagai wirausaha era digital. 

       Upaya pengembangan tata kelola kampus terus dilakukan pengembangan secara berkelanjutan dalam berbagai bidang, antara lain:  (1) penguatan visi kelembagaan yang mengikuti perkembangan zaman dan kekinian,  (2) tata kelola, penjaminan mutu, dan kerja sama dalam dan luar negeri yang bersinergi dengan fakultas dan program studi, (3) penguatan dan pembekalan mahasiswa dengan hard skill dan softskill wirausaha sejak menjadi mahasiswa baru, (4) penguatan dan pengembangan SDM, baik secara kualifikasi Pendidikan dan kompetensi, (5) penguatan dan pengembangan keuangan, sarana, dan prasarana yang sangat memadai untuk mendukung tri dharma perguruan tinggi, (6) penguatan pembelajaran berbasis projek dan studi kasus, (7) penguatan dan pengembangan kualitas serta kuantitas penelitian dalam dan luar negeri, (8) penguatan dan pengembangan ketrampilan kualitas dan kuantitas PkM, dan (9) penguatan dan keluaran kinerja sivitas akademika PT. Dengan demikian, Unived menjadi salah satu kampus unggulan di Indonesia yang berbasis kewirausahaan untuk mencetak multigenerasi NKRI yang siap bekerja dan siap menjadi wirausaha.

  Komitmen Unived untuk terus hadir memberikan layanan prima kepada seluruh mahasiswa dan stakeholder pengguna menjadi prioritas utama. Hal ini sebagai bukti bahwa Unived akan terus melakukan evaluasi diri dan analisis keunggulan serta kekurangan sebagai dasar pengembangan Unived secara berkelanjutan. Hal ini diwujudkan dalam bentuk rencana induk pengembangan jangka panjang, restrategis jangka pendek, menengah, dan panjang yang dijabarkan dalam bentuk indikator kinerja yang terukur secara berkelanjutan. Aneka unggulan bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat akan terus disosialisasikan dan dipublikasikan kepada masyarakat sebagai perwujudan kolaborasi dan integrasi untuk turut serta membangun SDM bangsa Indonesia yang unggul, tangguh, kreatif, inovatif, dan produktif.

  Salah satu upaya nyata, kehadiran Unived bagi multigenerasi NKRI terus diwujudkan dalam bentuk beasiswa, magang industri, magang pengenalan lapangan persekolahan (PLP), dan juga praktik-praktik wirausaha yang dikolaborasikan dengan para praktisi wirausaha di Bengkulu dan 38 provinsi lain di wilayah NKRI. Upaya pengembangan hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terus dikomunikasikan dengan lembaga-lembaga pemerintah dan nonpemerintah agar dapat mendukung program MBKM dalam berbagai konteks pembelajaran di masyarakat. Salah satunya dukungan SDM Unived untuk menjadi fasilitator dan pelatih ahli program guru penggerak, sekolah penggerak, PPG, dan aneka program lain yang saling mendukung untuk memberikan penguatan dan pengembangan kelembagaan secara berkelanjutan. 

  Keunggulan dan pembeda Unived sebagai kampus yang berbasis wirausaha harus terus didukung dengan penguatan jejaring kerja sama dengan lembaga pendidikan, dunia usaha, dan indusri, baik dalam dan luar negeri. Hal ini sebagai wujud nyata implementasi penyediaan ruang magang bagi para mahasiswa untuk mendukung MBKM yang dicanangkan oleh Mas Mendikbudristekdikti, Bapak Nadiem Makarim. Semangat kampus Unived untuk terus bergerak dan menggerakkan sayap-sayap kesemestaan agar melahirkan multigenerasi NKRI yang dapat ikut serta menyinari dunia, seperti bintang, bulan, dan matahari yang selalu menyinari bumi sepanjang hari akan terus dilakukan sepanjang masa. 

       Semangat kebersamaan, bersilaturahmi, dan berbagi dalam berbagai kesempatan untuk mendukung kemajuan dan kejayaan Unived terus digaungkan dan dicontohkan oleh Wakil Rektor II bidang SDM, yakni Ibu Dr. Rita Prima Bendriyani, S.E.M.M. Salah satu wujud nyata dengan memberikan  penguatan karakter bagi seluruh SDM dosen dan tendik Unived agar memberikan layanan prima dan selalu memanusiakan manusia dalam berbagai konteks kehidupan di kampus dan luar kampus. Kawan, mari bergabung bersama Unived untuk turut serta membangun SDM NKRI yang unggul, kreatif, inovatif, produktif, dan inspiratif.

“Keheningan jiwa akan selalu memantik mimpi dan imajinasi untuk diperjuangkan dalam pelukan semesta sepanjang masa”

Bengkulu,  19 Oktober 2023


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top