TIM PKM-PM UNISRI Mengajak Anak-Anak Yayasan Lentera Berkreasi dalam Pengoptimalan Urban Farming di Perkotaan

Print Friendly and PDF

Tim PKM-PM mahasiswa Unisri melaksanakan program pengabdian dengan tema “Optimalisasi pertanian perkotaan dalam pemberdayaan anak-anak HIV/AIDS pada Rumah Lentera”.


TIM PKM-PM UNISRI Mengajak Anak-Anak Yayasan Lentera Berkreasi dalam Pengoptimalan Urban Farming di Perkotaan

Solo- majalahlarise.com -Kegiatan pertanian perkotaan atau lebih dikenal dengan nama urban farming ini jarang diimplementasikan di lingkungan masyarakat, khususnya perkotaan. Sebagian masyarakat menganggap pertanian identik dengan lahan yang luas, di persawahan dan lain sebagainya. Sehingga ada sebagian masyarakat yang tidak menyukainya. Padahal kalau kita menyadari urban farming ini sebuah konsep pertanian yang dapat diterapkan di daerah perkotaan dan sangat bermanfaat dalam menghemat pengeluaran belanja rutin kebutuhan rumah tangga, jika kita terapkan.

Kegiatan ini memberikan edukasi dan pembelajaran kepada masyarakat bahwa pertanian dapat dilakukan di lingkungan perkotaan dan hanya memanfaatkan lahan yang seadanya. Mahasiswa UNISRI yang dipimpin oleh Hanung Aria Pamungkas melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Optimalisasi pertanian perkotaan dalam pemberdayaan anak-anak HIV/AIDS pada rumah Lentera”. Minggu (8/10/2023).

Pada kesempatan itu juga dihadiri oleh dosen pembimbing kegiatan Dr .Dra. Sumarmi MP, Ketua Yayasan Lentera, serta pengurus yayasan. Adapun peserta sejumlah 30 anak yang terdiri dari anak SD, SMP, DAN SMA. 

Baca juga: Memasyarakatkan Antikorupsi Melalui Pendidikan Kepramukaan

Dosen Pembimbing Kegiatan Dr. Dra. Sumarmi MP menerangkan kegiatan ini berlangsung selama 4 bulan, dimulai pada awal bulan Juli dan berakhir pada Oktober. Pelaksanaan kegiatan terdiri dari sosialisasi mengenai urban farming, praktik langsung dalam mengimplementasikan urban farming, pemanenan dan sosialisasi gizi seimbang. 

"Praktik urban farming dimulai dengan menyemai tanaman, menanamnya pada media barang bekas seperti galon bekas dan botol bekas. Selain itu juga menanam dengan metode vertikultur, hidroponik dan budidaya ikan dalam ember. Kegiatan ini dapat berlangsung karena mendapat support pendanaan dari pengajuan proposal PKM-PM Belmawa," ungkapnya.

Ketua kegiatan Hanung Aria Pamungkas berharap dari pengabdian masyarakat ini dapat menambah semangat anak-anak Lentera dalam mengisi aktivitas sehari-hari yang produktif dan dapat menjadi bekal di masa yang akan datang. Selain itu juga tujuan dari program tersebut yaitu mengajak masyarakat agar memberikan dukungan dan semangat kepada anak-anak penderita HIV-Aids di Yayasan Lentera. Kemudian melalui program ini dapat memberikan contoh kepada masyarakat agar mampu memanfaatkan lahan yang ada. 

"Pada kesempatan tersebut pengurus Yayasan sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa sehingga kegiatan pengabdian bisa dilanjutkan pada masa yang akan datang," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: Projek P5 Tema Rekayasa dan Berteknologi Pembuatan Media Tanam Budidaya Jamur di SMP Negeri 8 Surakarta 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top