Gelar Produk dan Panen Karya P5 SMP Negeri 1 Manyaran Berlangsung Meriah

Print Friendly and PDF

Kepala SMPN 1 Manyaran Agus Sumarno, M.Pd saat memotong pita membuka Gelar Produk P5.


Gelar Produk dan Panen Karya P5 SMP Negeri 1 Manyaran Berlangsung Meriah

Wonogiri- majalahlarise.com -Berbagai produk lokal berupa makanan dan minuman tradisional produk hasil buatan siswa kelas 7 dan 8 SMP Negeri  1 Manyaran digelar dalam acara Gelar Produk dan Panen Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertempat di halaman sekolah. Jumat (20/10/2023).

Koordinator P5 SMPN 1 Manyaran, Yulis Atmini, S.Pd dalam laporan menyampaikan tema P5 yang diusung yaitu dimensi tentang kebhinekaan global tujuan yang dicapai supaya siswa menghargai, menghormati, perbedaan yang ada di sekitar terutama tentang kearifan lokal. Dimensi kedua tentang gotong royong tujuan yang dicapai supaya siswa dapat saling berkomunikasi, bekerjasama dengan timnya untuk memecahkan permasalahan. Dimensi tentang kreatif tujuan yang dicapai siswa dapat membuat kreatifitas sehingga memecahkan permasalahan yang ada. 

"Tahapan yang dilalui pada hari pertama di hari Senin, setiap anak memperoleh materi tentang kearifan lokal di dalamnya tentang pengertian kearifan lokal, jenis-jenis kearifan lokal dan contoh-contohnya, mereka memilih kearifan lokal yang akan diambil, pembuatan infografis," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pada hari Selasa pembuatan tim dan pembuatan petunjuk teknis. Hari Rabu dan Kamis siswa membuat kreativitas sesuai dengan petunjuk teknik pembuatan stiker untuk produk yang dibuat. "Pada hari Jumat acara gelar produk, kegiatan P5 ini diikuti oleh kelas 7 dan kelas 8," paparnya.



Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Manyaran Agus Sumarno, M.Pd mengatakan adanya Gelar Produk dan Panen Karya P5 ini mampu meningkatkan inovasi dan kreasi siswa. Memberikan bekal keterampilan dan kecakapan hidup (life skill) anak-anak membuat makanan tradisional yang ada di sekitar dan minuman jamu. Melatih kewirausahaan siswa yang bermanfaat untuk masa depan.

"Adanya ajang Panen Karya P5 ini diharapkan dapat mencapai kompetensi dan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: Unisri Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi Bagi UKM dan Ormawa


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top