Gagas Aksi Kreatif di Ruang Publik, Komunikotavisual Suarakan Jaga Persatuan Jelang Tahun Politik

Print Friendly and PDF

Tampilan poster yang berisi ajakan dan bertemakan untuk menggelorakan semangat Hari Sumpah Pemuda khususnya menjelang Pilpres dan Pileg 2024.


Gagas Aksi Kreatif di Ruang Publik, Komunikotavisual Suarakan Jaga Persatuan Jelang Tahun Politik

Solo- majalahlarise.com -Beragam desain poster dengan teks dan visual yang menggugah generasi muda untuk tetap menjaga persatuan dan NKRI menjelang tahun politik ini lewat desain poster karya Basnendar Herry Prilosadoso dari Komunikotavisual berpadu dengan perform pantomim dari Rasyidin Wig Maroe selaku seniman Aceh ini dilakukan di trotoar pintu masuk Pasar Gede, Solo. Sabtu (28/10/2023).

Aksi ini sebagai Project #40 dari Komunikotavisual yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda menampilkan beragam tampilan poster yang berisi ajakan dan bertemakan untuk menggelorakan semangat Hari Sumpah Pemuda khususnya menjelang Pilpres dan Pileg 2024, dimana perbedaan pilihan dan partai kemungkinan akan menggerus persatuan dan kesatuan bangsa, perpecahan serta gesekan diantara anak bangsa bisa terjadi.

Sambil berwisata dan berbelanja, beberapa warga masyarakat pengunjung Pasar Gede, Solo ini antusias ikut menggoreskan kapur tulis yang sudah disediakan yang berisi kalimat dukungan dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda di depan pintu pasar yang terletak di tengah kota Solo. Mereka juga tak lupa mereka berswafoto diantara masyarakat yang mengunjungi pasar yang terletak di tengah kota Solo tersebut.

Baca juga: Tim Jejahits.id UNISRI Melaju ke KMI EXPO XIV di UNDIKSHA Bali

Seniman Aceh, Rasyidin Wig Maroe yang juga mahasiswa doktoral seni di Pasca Sarjana ISI Surakarta ini dalam rilisnya menyatakan aksi ini selain ada pesan yang ingin disampaikan juga unsur hiburan agar masyarakat dapat terkesan dan sekaligus mengingatkan kembali untuk menjaga persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa.

Papan display 60 x 90 cm berjumlah tiga buah ini memajang 6 (enam) poster ukuran A3  yang ditata berjajar di depan pintu utama Pasar Gede, Solo sebagai lokasi aksi kolaborasi yang ditujukan untuk mengajak masyarakat umum dalam menikmati sajian karya desain dan desain diiringi gerakan pantomim.

Menurut penggagas aksi kreatif ini, Basnendar H menjelaskan lewat karya kolaborasi bertujuan untuk juga mengajak warga masyarakat berinteraksi dengan menggoreskan kapur tulis berwarna-warni sebagai bentuk dukungan akan spirit persatuan dan kesatuan anak bangsa, khususnya generasi muda Indonesia menjelang tahun politik 2024 nanti.

Selain itu Basnendar H selaku co founder Komunikotavisual yang juga dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta menyatakan event ini sebagai wujud untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda dan menjelang tahun politik untuk selalu jaga persatuan dan kesatuan walau berbeda pilihan. (Sofyan)

Baca juga: 409 Wisudawan Unisri Surakarta Raih Predikat Cumlaude



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top