Siswa SMPN 2 Giritontro Jalani Cek Kesehatan Bersama Tim Puskesmas Giritontro

Print Friendly and PDF

Dr. Zainal melakukan cek kesehatan kepada siswa.


Siswa SMPN 2 Giritontro Jalani Cek Kesehatan Bersama Tim Puskesmas Giritontro


Wonogiri- majalahlarise.com -SMP Negeri 2 Giritontro dikunjungi oleh tim kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Giritontro. Kegiatan ini dalam rangka mengadakan penjaringan kesehatan kepada siswa-siswi khususnya kelas 7. Bertempat di ruang pertemuan sekitar 176 siswa menjalani cek kesehatan yang dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. 

Kepala Puskesmas Kecamatan Giritontro, dr. Zainal mengatakan program ini merupakan program UKS yang diadakan setiap tahun, minimal dua kali dalam setahun. Program pertama Puskesmas Giritontro adalah penjaringan kesehatan untuk pemeriksaan secara umum biasanya ada pada bulan Juli, Agustus, September.

"Tujuan diadakannya program ini adalah untuk pendeteksi dini, terutama pendeteksi dini untuk penyakit yang tidak menular biasanya seperti telinga kotor, mata rabun, gigi karies (berlubang). Program untuk putri akan ada pemeriksaan HB untuk yang anemia, kurang gizi, zat besi," terangnya.


Lebih lanjut dijelaskan, selain cek kesehatan Puskesmas Giritontro juga menyerahkan vitamin E dan zat besi untuk seluruh siswa putri. Program seperti ini sebelumnya juga sudah berjalan baik untuk tingkat SD/MI, SMP/Mts dan SMK di Wilayah Giritontro.

"Harapan dari puskesmas seluruh pelajar sehat dan tidak mempunyai masalah dengan kesehatan. Bila ada salah satu anggota tubuh siswa yang bermasalah bisa kami rujukan untuk disembuhkan," ujarnya.

Di sela-sela pengecekan kesehatan kepada para siswa, dr Zaenal juga memberikan motivasi dan saran kepada para siswa-siswi agar tetap semangat dalam belajar dan tak kalah pentingnya tetap menjaga kesehatan.

"Saat ini virus tidak hanya ditularkan oleh orang lain namun bisa dari diri kita sendiri seperti dari makanan yang kita makan," imbuhnya.

Kepala SMP N 2 Giritontro, Sarno menyambut baik kegiatan ini serta mengucapkan terima kasih kepada pihak puskesmas dan berharap seluruh siswa sehat dan tidak ditemukan penyakit yang berarti.

"Kerjasama antar instansi sangatlah bermanfaat sehingga kedepan perlu di tingkatkan lagi," tambahnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top