Tim Dosen FISH Univet Laksanakan Pengabdian Bimtek Jurnalistik untuk ASN Pemkot Surakarta

Print Friendly and PDF

Peserta Bimtek Penulisan Jurnalistik saat praktik menulis berita.


Tim Dosen FISH Univet Laksanakan Pengabdian Bimtek Jurnalistik untuk ASN Pemkot Surakarta

Sukoharjo- majalahlarise.com -Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo bekerjasama dengan Protokol Komunikasi dan Administrasi Pemkot Surakarta menyelenggarakan Bimtek Penulisan Jurnalistik dan Komunikasi Publik untuk ASN Pemkot Surakarta. Bertempat di Balai Menganti Praja Kompleks Balaikota Surakarta. Selasa (25/7/2023).

Bimtek yang diikuti ASN dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Surakarta ini menghadirkan pembicara Sofyan Yuli Antonius, S.Sos (Jurnalis & Pengelola Media Online), Adhika Prasetya, S.Sos, M.M (Kepala Univet Press, Dosen Ilmu Komunikasi), Sumarno, S.Sos, M.Ikom (Pemimpin Redaksi Sukoharjonews), Lilis Maryati, S.I.Kom (Tim Narasi dan Konten Media Sosial Gibran Rakabumi).

Dekan FISH, Dr. Yoto Widodo menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu wujud tugas dosen melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pengabdian kepada masyarakat selain mengajar dan penelitian. Dalam bimtek ini peserta dibimbing langsung oleh para praktisi jurnalistik. 

"Pers merupakan salah satu pilar demokrasi selain eksekutif, yudikatif, legeslatif. Pers kalau diturunkan ke OPD humas menempati kedudukan penting menyampaikan program maupun kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat," terangnya.


Sementara itu, Herwin Tri Nugroho selaku Kepala Protokol Komunikasi dan Adminstrasi Pemkot Surakarta dalam sambutan mengatakan melalui Bimtek ini diharapkan OPD mengetahui bagaimana cara merespon memberi jawaban terhadap keluhan masyarakat. 

"Target teman-teman bisa menyampaikan, mensosialisasikan kebijakan-kebijakan dari OPD masing-masing bisa tersampaikan dengan baik khususnya di kota Solo," ujarnya.

Ditambahkannya, sebagai ASN mempunyai kewajiban mengembangkan kompetensi teknik. Sehingga melalui bimtek ini diharapkan peserta bertambah kompetensi dibidang penulisan jurnalistik dan komunikasi publik. 

Dalam penyampaian materi, narasumber Sofyan Yuli Antonius menyampaikan materi Dasar-dasar jurnalistik, Adhika Prasetya menjelaskan tentang publikasi efektif dan komunikasi optimal melalui aktivitas PR/ kehumasan, Sumarno memaparkan tentang komunikasi publik dan nasarumber Lilis Maryati menjelaskan pembuatan caption media sosial yang menarik.

Dalam kegiatan yang dihadiri Wakil Dekan FISH, Dr. Betty Gama, M.Si dan Prodi Ilmu Komunikasi Henny Sri Kusumawati, S.Sos, M.I.Kom. ini para peserta melakukan praktik penulisan berita Bimtek yang tengah berlangsung dan dipilih juara 1 sampai 5 tulisan berita terbaik. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top