Sebanyak 69 Pembina Pramuka Kwaran Manyaran Ikuti KMD

Print Friendly and PDF

Kamabiran kecamatan Manyaran, kak Toto Tri Mulyarto saat menyampaikan sambutan pada upacara pembukaan KMD.


Sebanyak 69 Pembina Pramuka Kwaran Manyaran Ikuti KMD

Wonogiri- majalahlarise.com -Sebanyak 69 Pembina Pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) kecamatan Manyaran mengikuti kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Wonogiri. Bertempat di SMP Negeri 1 Manyaran. Senin-Sabtu (24-29/7/2023). 

Ketua Kwarcab Kabupaten Wonogiri Kak Suprapto diwakili Waka Binawasa Kak Retno Puspitorini saat ditemui usai upacara pembukaan KMD mengatakan kursus KMD ini untuk pemenuhan kebutuhan Pembina Pramuka di Gugus Depan yang masih minim. Hal ini sesuai hasil pendataan yang dilakukan tiga tahun lalu bahwa Pembina Pramuka di Gugus Depan yang berkualifikasi KMD dan KML masih sangat minim.

"Mulai tahun 2023 Kwarcab bersinergi dengan Kamabigus atau kepala sekolah untuk bisa memajukan kursus mahir dasar agar kakak-kakak Pembina yang ada di Gugus Depan punya pegangan yang mendasar serta punya kepercayaan diri membimbing adik-adik di Gugus Depan," ucapnya.

Penyematan tanda peserta oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Wonogiri Kak Suprapto diwakili Waka Binawasa Kak Retno Puspitorini.

Baca juga: Unisri Terjunkan 1.119 Mahasiswa KKN di Dua Kabupaten

Disampaikan pula, Kwaran Manyaran menjadi Kwaran ke-10 di tahun 2023 yang bisa melaksanakan KMD dengan biaya dari Kwaran. Sampai saat ini Kwarcab sudah menghasilkan 600 an Pembina Gugus Depan yang bersertifikat KMD.

"Pramuka harus bersinergi dengan program-program pemerintah kabupaten Wonogiri kaitannya dengan pembangunan sumberdaya manusia khususnya kepemudaan," terangnya.

Sementara itu, ketua panitia, Kak Sutrisno dalam laporan mengatakan kegiatan KMD Kwaran XII 08 dilatarbelakangi adanya Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan penerus bangsa agar menjadi generasi lebih baik dan lebih maju. 

"Gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan yang membina kaum muda menjadi manusia yang berwatak berkepribadian, berbudi pekerti serta memiliki ketrampilan hidup," tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, tujuan kegiatan menerapkan pendidikan kepramukaan melalui prinsip dasar dan metode kepramukaan secara progresif dengan cara menanamkan kedisiplinan, kegiatan di alam terbuka, menyelesaikan SKU, SKK, dan STY, berbagai upacara, menyelenggarakan berbagai pertemuan, ketrampilan kepramukaan, mencintai lingkungan serta mengorganisasi serta mengadministrasi penyelenggaraan kepramukaan di gugus depan.

"Kursus pembina Pramuka tingkat Dasar dilaksanakan dalam bentuk kursus atau pendidikan latihan dengan menggunakan strategi simulasi dan replay dilakukan dengan memperagakan kehidupan dalam satuan gugus depan," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kamabiran Manyaran kak Toto Tri Mulyarto berpesan momen kursus Pembina Pramuka ini digunakan sebaik-baiknya oleh para Pembina. Karena ditangan para Pembina akan meneruskan ilmu-ilmu kepramukaan kepada putra putri yang ada di Siaga, Penggalang, Penegak.

"Ini bisa menjadi landasan dasar untuk pribadi-pribadi kepemimpinan yang akan meneruskan menjadi pemimpin bangsa di masa depan," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: Fakultas Pertanian Unisri Berlakukan Peminatan Smart Farming dan Agropreneur


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top