Puluhan Siswa SD Mewarnai Karakter Wayang Pawukon Museum Radya Pustaka Sebagai Bagian Hibah Riset Terapan DRTPM

Print Friendly and PDF

Siswa dari kelas II dan IV dari SD Negeri Tugu Jebres Surakarta saat mewarnai karakter wayang Pawukon.


Puluhan Siswa SD Mewarnai Karakter Wayang Pawukon Museum Radya Pustaka Sebagai Bagian Hibah Riset Terapan DRTPM

Solo- majalahlarise.com -Tahapan eksperimetasi dimana karakter wayang mengambil karakter wayang yang terdapat di Pawukon (horoskop) Jawa dari koleksi Museum Radya Pustaka, Surakarta sebagai mitra dalam riset terapan ini yang diselenggarakan Senin, 17 Juli 2023 di Pendapa ISI Surakarta, Kampus Kentingan yang diikuti sekitar 60 siswa dari kelas II dan IV dari SD Negeri Tugu Jebres Surakarta dilaksanakan dalam event Exposeni 2023 sebagai rangkaian memperingati Dies Natalies ke 59 Tahun ISI Surakarta, 

Ajuan riset yang berjudul Transformasi Karakter Wayang Kulit Purwa Koleksi Museum Radya Pustaka Surakarta Melalui Motion Graphic Sebagai Media Pelestarian, Edukasi dan Rekreasi Untuk Generasi Milenial ini lolos didanai di tahun I (2023) dengan Dr. Sri Hesti Heriwati, M.Hum selaku ketua peneliti, dengan M. Harun Rosyid Ridlo, M.Sn., Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds., dan Sri Murwanti, SE., MM.

Seperti yang dirasakan salah satu peserta, Haris Wahyu Wijaya (9 th) dari siswa kelas 4 B sangat senang dengan aktivitas mewarnai serta bisa bersama siswa yang lain diawal hari pertama masuk sekolah.

Baca juga: Sambut Tahun Baru Islam, Murid SD Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Pawai

Dengan tajuk Aksi Mewarnai Karakter Wayang, dimana kegiatan kreatif ini sebagai bagian luaran dari Hibah Riset Terapan DRTPM (Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Kemendikbudristek Tahun 2023 ini berupa eksperimentasi karakter wayang dari hasil observasi ke Museum Radya Pustaka Surakarta.

Dalam rilis yang dikirim, selaku ketua tim riset, Sri Hesti Heriwati menjelaskan bahwa melalui tahapan ini dimana mengajak generasi muda, khususnya siswa sekolah dasar untuk mengenalkan kembali karakter wayang melalui media ilustrasi untuk diwarnai, selain itu juga sekaligus upaya pelestarian seni budaya berupa wayang ini. Selanjutnya akan direncanakan berupa perancangan karakter wayang untuk media audiovisual motion graphic.

Sedangkan Kepala Sekolah SD Negeri Tugu Jebres Surakarta, Nuning Harmini, S.Pd menjelaskan bahwa aktivitas diluar kelas ini sangat mendukung kreativitas siswa dalam menuangkan ekspresi, selain juga unsur edukasi mengenal karakter wayang. (Sofyan)

Baca juga: Unisri Gelar Raker di Tawangmangu


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top