Karnaval dan Kado Silang Jadikan Masa Taa'ruf Siswa Madrasah MI Al Kahfi Manyaran Menyenangkan

Print Friendly and PDF

Siswa MI Al Kahfi Manyaran saat mengikuti karnaval Matsama dan peringatan tahun baru 1445 Hijriyah.


Karnaval dan Kado Silang Jadikan Masa Taa'ruf Siswa Madrasah MI Al Kahfi Manyaran Menyenangkan

Wonogiri- majalahlarise.com -Saling berkenalan dan silaturahmi antara adik kelas dengan kakak tingkat dalam sesi kado silang penuh keakraban menjadi kegiatan Masa Taa'ruf Siswa Madrasah (Matsama) MI Al Kahfi Manyaran pada hari ke tiga semakin menyenangan.

Sebelum dimulai acara kado silang seluruh siswa kelas 1 sampai 5 mengikuti karnaval memperingati Tahun Baru 1445 Hijriyah. Kamis (20/7/2023).

Kepala MI Al Kahfi Manyaran, Siti Wahyuni, S.Pd menyampaikan tujuan Matsama mengenalkan peserta didik baru terkait lingkungan belajar yang baru, mengenali keadaan diri dan sosialnya agar memiliki kesiapan mental dan dapat mudah menyesuaikan diri dalam mengikuti proses pembelajaran selanjutnya. Selain itu, menumbuhkan kebanggaan kepada peserta didik baru terhadap madrasah, memahami nilai-nilai madrasah, mencintai dan menjaga nama baik almamaternya.

Kegiatan kado silang yang seru dan menyenangkan.

Baca juga: Inovatif, SD Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Pilkalas dengan E-Voting

"Melalui berbagi kegiatan yang dilaksanakan selama Matsama, siswa baru dapat mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan madrasah. Siswa termotivasi dan merasa senang dan bangga atas sekolah yang telah mereka pilih. Matsama untuk menumbuhkan sikap jujur, mandiri, menghormati dan menghargai sesama," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, materi yang diberikan kepada peserta didik baru meliputi kemadrasahan atau pengenalan lingkungan dan budaya madrasah. Moderasi beragama berupa cara mengamalkan ajaran agama dalam konteks kehidupan bersama, berbangsa dan bernegara yang harmoni. 

"Budaya dan kebiasaan kehidupan di madrasah berupa pola hidup bersih, sehat dan halal di lingkungan madrasah. Pembentukan sikap disiplin dan tanggung jawab. Pengembangan mental mandiri dan berprestasi," jelasnya.

Sementara itu, Pengurus Yayasan Suntoro menambahkan kegiatan Matsama merupakan kegiatan tahunan setiap tahun pelajaran baru untuk siswa kelas 1 beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru setelah dari taman kanak-kanak.

"Harapannya siswa sekolah di MI ini menjadi manusia yang berakhlak, tidak hanya cerdas kognitif tetapi juga mandiri, tangguh, peduli dengan lingkungan," harapnya.

Selesai acara kado silang dilanjutkan kegiatan foto bersama guru, siswa kelas 1 sampai kelas 5. (Sofyan)



Baca juga: Sukses 141 Peserta Didik Baru SMAN 1 Manyaran Ikuti MPLS


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top