Kado Dies Natalies, Tim KSabar DKV ISI Surakarta Raih Juara III Divisi Poster Digital LIDM Kemendikbudristek 2023

Print Friendly and PDF

Tim KSabar dari mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta berhasil meraih sebagai juara III.


Kado Dies Natalies, Tim KSabar DKV ISI Surakarta Raih Juara III Divisi Poster Digital LIDM Kemendikbudristek 2023

Solo- majalahlarise.com -Raihan prestasi dalam LIDM (Lomba Inovasi Digital Mahasiswa) yang diraih oleh ISI Surakarta melalui Tim KSabar dari mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta berhasil meraih sebagai juara III serta mendapat medali perunggu saat acara pengumuman pemenang dan sekaligus penutupan event tingkat nasional Kemendikbudristek ini bertepatan juga sebagsi kado atas Dies Natalies ISI Surakarta ke 59 tahun ini.

Dengan mengikuti pada lomba Divisi IV Divisi Poster Digital Pendidikan (PDP) dari tim mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta yakni Tim KSabar dengan William Setiawan (Ketua), Ari Arista dan Oasis Fadila (Anggota) yang kesemuanya dari angkatan 2022 dengan Rendya Adi Kurniawan, S.Sn., M.Sn selaku dosen pembimbing.

Karya mereka berupa Poster Digital Pendidikan yang mengangkat tema Pelecehan Seksual terhadap Laki-Laki : Nyata Namun Terabaikan berhasil meraih juara III baik dari aspek karya, presentasi maupun video presentasi dihadapkan ketiga dewan juri yang terdiri dari akademisi yang berkompeten di bidangnya.

Raihan prestasi ini diajang tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia pada tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung pada 4-6 Juli 2023.

Baca juga: SUED Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Univet Bantara Menggelar Organization of Management Training

Data lengkap pemenang dari Divisi IV Divisi Poster Digital (PD), yaitu Juara 1 Tim Ceria dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Juara 2 dari  Tim Burnout Chaos dari Universitas Brawijaya, selanjutnya sebagai Juara 3 Tim KSabar dari Institut Seni Indonesia Surakarta, serta Juara Harapan diraih oleh Tim Too Rue dari Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

Babak final LIDM (Lomba Inovasi Digital Mahasiswa) ini sebagai hasil seleksi total dari 1.356 dari 234 perguruan tinggi, dimana ISI Surakarta dengan 5 (lima) tim yang lolos babak final terdiri dari 2 (dua) divisi yaitu,  Divisi Video Digital Pendidikan (VDP) sebanyak 2 (dua) tim dan Divisi Poster Digital (PD) sebanyak 3 (tiga).

Kelima tim mahasiswa dari ISI Surakarta nantinya menjadi bagian dari 100 kelompok peserta dari 48 perguruan tinggi di Indonesia mengikuti final Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) ke 4 pada tahun 2023.

Tema LIDM Tahun 2023 mengangkat tema Literasi Digital untuk Menumbuhkembangkan Talenta Pendidikan Nasional Menuju Indonesia Maju dengan Tatanan Kehidupan Baru. Adapun pelaksanaan LIDM 2023 nantinya akan dipusatkan di Gedung Achmad Sanusi serta Gedung Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) UPI Bandung.

LIDM 2023 dibagi dalam lima divisi yaitu, Divisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan (ITDP), Divisi Inovasi Pembelajaran Digital Pendidikan (IPDP), Divisi Video Digital Pendidikan (VDP), Divisi Poster Digital Pendidikan (PDP), serta Divisi Microteaching Digital (MD).

Babak final dengan 5 (lima) Divisi dengan 100 tim dari 48 perguruan tinggi ini diikuti 362 mahasiswa dengan 90 dosen pembimbing. Babak final ini hasil seleksi total dari 1.356 dari 234 perguruan tinggi yang mengikuti event nasional tingkat mahasiswa ini.

Sedangkan menurut William Setiawan, selaku Ketua Tim KSabar bahwa melalui pencapaian prestasi yang patut disyukuri dengan panjang proses dari penyusunan proposal, karya, video presentasi sampai memaparkan karya desain poster di hadapan tiga dewan juri saat babak final.

Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Talenta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D menutup kegiatan LIDM 2023 secara resmi pada Kamis (6/7/2023) malam di Gedung Achmad Sanusi Universitas Pendidikan Indonesia. 

Raihan prestasi Tim KSabar ini menurut Rendya Adi Kurniawan selaku Kaprodi DKV FSRD ISI Surakarta dalam rilisnya sangat membanggakan sebab berhasil menyisihkan tim-tim lain dari perguruan tinggi se Indonesia. (Sofyan)

Baca juga: Dorong Peningkatan Kecintaan pada Seni Tradisi Hadroh, S-2 Kajian Budaya FIB UNS Gelar Program Kemitraan Masyarakat


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top