Bupati Demak Ajak Generasi Penerus Jaga Pelestarian Naskah Kuno

Print Friendly and PDF

Bupati Demak Hj. Eistianah bersama narasumber kegiatan sosialisasi peningkatan peran serta masyarakat dalam penyimpanan, perawatan, pelestarian, dan pendaftaran naskah kuno. 


Bupati Demak Ajak Generasi Penerus Jaga Pelestarian Naskah Kuno  

Demak- majalahlarise.com -Bupati Demak Hj. Eistianah mengajak masyarakat menjaga dan melestarikan naskah kuno memiliki sejarah, keagamaan sastra dan kebudayaan yang sangat berharga. Karena minimnya pemahaman masyarakat banyak naskah kuno dianggap tidak mempunyai nilai sejarah. 

Hal ini disampaikannya dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan sosialisasi peningkatan peran serta masyarakat dalam penyimpanan, perawatan, pelestarian, dan pendaftaran naskah kuno. Bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak. Kamis (21/7/2023).

"Generasi penerus kita harus mengetahui sejarah-sejarah. Salah satunya melalui naskah kuno yang ada di kabupaten Demak.  Untuk itu tugas kita bersama memelihara naskah kuno sehingga dapat tetap terjaga diwariskan ke generasi berikutnya," terangnya.

Narasumber Adi Deswijaya (Lektor dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo) saat memaparkan materi.

Baca juga: PBI dan PG PAUD Unisri Gelar Guest Lecture 

Lebih lanjut dikatakan, pelestarian naskah kuno saat ini dapat dilakukan melalui digitalisasi, sebab minat masyarakat beralih ke media digital. "Kita saat ini harus mengikuti perubahan yang ada salah satunya bentuk naskah buku digital agar tidak kehilangan jejak dan sejarah dimasa mendatang," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak Agung Hidayanto menuturkan tujuan kegiatan sosialisasi pelestarian naskah kuno yaitu menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya menyimpan, merawat, melestarikan naskah kuno. Terpeliharanya naskah kuno yang ada di kabupaten Demak. Bertambahnya koleksi naskah kuno yang terdata di kabupaten Demak.

"Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta. Terdiri dari komunitas sejarahwan Demak, guru sejarah, pengasuh pondok pesantren, pengurus yayasan Sunan Kalijaga, Takmir Masjid Agung Demak, Takmir Masjid Kadilangu, dan karyawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak," terang Agung Hidayanto.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini yaitu kebijakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak oleh Agung Hidayanto (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak). Upaya-upaya dalam pelestarian naskah Nusantara oleh Listyasti Purnama Rusdiana (Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan Dinas Arpus Provinsi Jawa Tengah. Sumbangsih Sunan Kalijaga bagi kota Demak oleh Adi Deswijaya (Lektor dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo). (Sofyan)

Baca juga: Kemah Ukhuwah Rekatkan dan Majukan AUM Muhammadiyah di Banyudono


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top