Prodi Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Gelar Kuliah Pakar Bersama FKIP UNS dan PPS UMM

Print Friendly and PDF

Tampilan tangkap layar Dekan FISH Univet Bantara, Dr. Drs. Yoto Widodo saat memberikan sambutan sekaligus membuka Kuliah Pakar.


Prodi Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Gelar Kuliah Pakar Bersama FKIP UNS dan PPS UMM

Sukoharjo- majalahlarise.com -Sebagai implementasi kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Program Sudi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo menyelenggarakan Kuliah Pakar bersama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kuliah pakar dilaksanakan secara daring memalui aplikasi zoomcloud meeting selama satu hari dan diikuti lebih dari 130 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, serta masyarakat umum. Rabu (14/6/2023).

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda dari Program Visiting Professor (VP) yang digagas dan dikoordinasikan oleh Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Visiting Professor adalah sebuah program yang dimaksudkan untuk menyediakan media bagi para dosen yang telah menyelesaikan studi Program Doktor (S.3) di seluruh Indonesia dan beberapa Negara di Asia Tenggara untuk berkolaborasi menghasilkan kinerja akademik sesuai dengan bidang keahlian atau kepakarannya.  

Sebanyak 15 orang dosen dari Univet Bantara menjadi peserta program tersebut dan telah melaksanakan serta mengikuti berbagai kegiatan. Dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi FIH Univet Bantara yang menjadi peserta Program VP tersebut ada 2 orang yaitu Dr. Nuryani Tri Rahayu, M.Si. dan Dr. Joko Suryono, M.Si. Kegiatan yang dilakukan antara lain menjadi dosen tamu dan memberi kuliah pada Program S.2 dan S.3 Program Studi Sosiologi UMM serta menjadi cohost dalam kuliah pakar.

Tampilan tangkap layar narasumber dan peserta Kuliah Pakar di zoomcloud meeting.

Baca juga: RA AT-Taqwa Sapen, Mojolaban, Sukoharjo Menggelar Akhirussanah

Dekan FISH Univet Bantara Dr. Drs. Yoto Widodo, M.Si. dalam sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan Kuliah Pakar kali ini mengambil tema “Budaya Jawa; Membentuk Kepribadian Berkemajuan”. Tema ini sangat relevan dengan kondisi kekinian dimana sebagian besar generasi Z atau generasi milenial keturunan Jawa tidak lagi menginternalisasi nilai-nilai budaya Jawa dan lebih akrab dengan bentuk-bentuk budaya pop serta simbol-simbol modernitas. 

"Oleh karena itu, diperlukan berbagai upacara pewarisan khususnya kepada generasi milenial sehingga budaya Jawa tetap menjadi kepribadian dan tetap relevan dengan kemajuan jaman," terangnya.

Bertindak sebagai narasumber dalam kuliah pakar tersebut Dr. Kenfritria Diah Wijayanti, M.Hum. dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa FKIP UNS dengan materi tentang “Transformasi Nilai Local Genius melalui Tradisi Lisan sapa aruh”. Pemateri kedua yaitu Dr. Nuryani Tri Rahayu, M.Si. dari Program Studi Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara dengan topik “Komunikasi Berbahasa Jawa; Ciptakan Harmoni melalui Kekerasan Simbolik”, sedang pemateri 3 yaitu Dr. Sawitri, S.Sn., M.Hum dari FKIP Univet Bantara dengan topik “Makna Nama-nama Jawa sebagai Pandangan Hidup Masyarakat”. Kegiatan ini akan terus berlanjut hingga akhir semester genap 2022-2023 dengan mengangkat topik yang berbeda dan cohost masing-masing peserta Program VP secara bergantian. 

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara, Henny Sri Kusumawati, S.Sos., M.I.Kom. yang juga bertindak sebagai moderator dalam acara tersebut menilai bahwa kegiatan kuliah pakar seperti ini sangat mendukung implementasi kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka karena dosen dapat memberi kuliah tidak hanya kepada mahasiswa pada program studi yang menjadi homebase-nya tetapi juga kepada mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lainnya bahkan juga kepada masyarakat umum. 

"Demikian halnya dengan mahasiswa, melalui kuliah pakar bersama ini dapat memperoleh materi dari dosen eksternal sehingga dapat memperluas wawasan akademiknya," kata Kaprodi di akhir acara. (Sofyan) 

 

Flyer kegiatan kuliah pakar.

Baca juga: Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Ikuti Kelas Motivator "Stop Insecure Perbanyak Bersyukur"


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top