Khotbah Idul Adha Dusun Gunungan, Memaknai Hikmah Ibadah Kurban

Print Friendly and PDF

Ustad Waloyo saat menyampaikan khotbah Idul Adha.


Khotbah Idul Adha Dusun Gunungan, Memaknai Hikmah Ibadah Kurban

Wonogiri- majalahlarise.com -Warga dusun Gunungan, desa Gunungan, Manyaran melaksanakan ibadah sholat Idul Adha 1444H/ 2023 M pukul 06.30 WIB. Selaku imam dan khotib ustad Waloyo. Bertempat di Masjid Al Barokah. Rabu (28/6/2023). 

Ustad Waloyo dalam khotbah seusai sholat Idul Adha menyampaikan hikmah dan pelajaran yang diambil dari ibadah kurban bagi umat Islam. Ibadah kurban merupakan bukti syukur kepada Allah, sebagai bukti ketaatan kepada Allah dan ibadah kurban mempunyai keutamaan dan pahala yang besar di sisi Allah.

"Syukur sebenarnya adalah meyakini bahwa segala nikmat Allah berikan kepada kita itu nikmat dari Allah. Hakekat syukur itu tidak hanya dikerjakan lisan tapi dengan amalan hati, amalan lisan, dan amalan perbuatan," terangnya.

Jamaah putri sholat Idul Adha.

Baca juga: Muhammadiyah DIY Selenggarakan Sholat Idul Adha 1444 H di 353 Lokasi

Lebih lanjut dijelaskan hikmah ibadah kurban sebagai bukti ketaatan kepada Allah seperti yang dicontohkan nabi Ibrahim AS kepada anak bernama Ismail. Demi menjalankan perintah Allah, nabi Ibrahim AS sanggup memberikan harta yang paling dicintai yaitu seorang anak yang sudah lama dinantikan kelahirannya.

"Yang diminta Allah sesuai kemampuan. Sebagai bentuk ketaatan kepadaNya untuk berkurban sebagian harta yang kita cintai. Itulah ajaran nabi Ibrahim AS," ujarnya.

Diterangkan pula, hikmah ibadah kurban mempunyai keutamaan dan pahala yang besar di sisi Allah SWT. Pada setiap bulu hewan kurban terdapat satu kebaikan atau satu pahala. Ini makna kiasan atau sesungguhnya yang mengungkapkan betapa besar pahala berkurban karena tidak mampu menghitung banyak bulu.

"Maka berbahagialah orang-orang yang diberikan kemampuan oleh Allah SWT untuk berkurban dan merugi bagi orang yang mampu tetapi menunda-nunda berkurban," ungkapnya.

Sementara itu, panitia peringatan Idul Adha, Wasiman menyampaikan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban hari Kamis tanggal 29 Juni 2023 dimulai pukul 07.00 WIB. "Sementara dari data warga yang berkurban ada dua sapi dan tujuh kambing," tuturnya. (Sofyan)

Baca juga: Bekali Karakter Orang Tua Cerdas, SD Muhammadiyah PK Banyudono Adakan Parenting 





Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top