Grup Riset Linguistik Indonesia FIB UNS Gelar Pelatihan Public Speaking dan Dakwah di Karanganyar

Print Friendly and PDF

Dr. Henry Yustanto selaku Tim Grup Riset Linguistik Indonesia membuka pelatihan.


Grup Riset Linguistik Indonesia FIB UNS Gelar Pelatihan Public Speaking dan Dakwah di Karanganyar

Karanganyar- majalahlarise.com -Kemampuan berbicara di depan umum  seringkali menjadi kendala tersendiri bagi Sebagian orang. Hal itu dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah kurangnya rasa percaya diri untuk tampil dan berbicara di depan umum. Kurangnya pengetahuan seseorang tentang bagaimana berbicara didepan umum inilah yang kadang mengurangi kualitas seorang pembicara. 

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Grup Riset Linguistik Indonesia Fakultas ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret terhadap remaja masjid di Karanganyar, maka melalui program Pengabdian Masyarakat  perlu membekali kemampuan remaja tentang public speaking.

Grup Riset Linguistik Indonesia menyelenggarakan pelatihan Public Speaking dan Dakwah untuk Remaja Masjid. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Minggu (18/06/2023) bertempat di Green Resto Karanganyar Jln. Lawu no 161, Kadipiro, Bejen, Karanganyar. Acara yang di ikuti oleh 40 peserta dari Forum Silaturahim Remaja Masjid Se- Kabupaten Karanganyar ini bertemakan “Pelatihan Public Speaking dan Dakwah bagi Remaja Masjid”. 

Moderator Bakdal Ginanjar, S.S., M.Hum. memandu jalannya diskusi.


Baca juga: Ketua Adat Kasepuhan Cisungsang Dukung Program Untirta Banten Buka Kampus Baru di Banten Selatan

Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan selama sehari ini menghadirkan dua narasumber yang berkompeten di bidang public speaking. Dr. Wiwik Yulianti, M.Hum sebagai narasumber pertama memberikan materi tentang bagaimana Menyusun naskah public speaking. Narasumber kedua Dr. Hanifullah Syukri, M.Hum. menyampaikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan penampilan seseorang pada saat melakukan public speaking.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Tim Pengabdian UNS, Dr. Henry Yustanto, M.A.,dan dilanjutkan sambutan dari ketua Forum Silaturahim Remaja Masjid Se- Kabupaten Karanganyar (Foremska) ini diikuti secara antusias oleh peserta. Hal itu terbukti dengan pertanyaan-pertanyaan yang terlontar dari peserta pelatihan pada sesi diskusi yang dipandu oleh moderator Bakdal Ginanjar, S.S., M.Hum.

Dalam paparannya Narasumber pertama Dr. Wiwik Yulianti, M.Hum. mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita akan menulis naskah pidato kita, apa itu? pahami dulu tujuan apa yang ingin dicapai dari public speaking yang akan anda lakukan. "Karena dengan mengetahui tujuan dari pidato kita itu arah dari pidato kita akan sampai ke sasaran” tuturnya pada paparan sesi pertama.

Kegiatan ini diharapkan memiliki manfaat bagi remaja masjid yang ada di Karanganyar. Dengan mengukur tingkat keberhasilan pelatihan melalui Pre-Test dan Post test ini harapan yang ingin dicapai pada kegiatan pengabdian masyarakat tahun 2023 terwujud. (Sofyan)

Baca juga: Ini Tujuan Unisri Tandatangani MoU dengan 7 Perusahaan/ Lembaga


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top