Mahasiswa KKN Tematik Unit 8 Univet Bantara Adakan Kegiatan "KAMIS MANIS"

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN saat foto bersama siswa-siswi kelas 5 SD Negeri 1 Tambirejo.


Mahasiswa KKN Tematik Unit 8 Univet Bantara Adakan Kegiatan "KAMIS MANIS"

Grobogan- majalahlarise.com -Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo mengadakan kegiatan rutin "Kamis Manis" di SD Negeri 1 Tambirejo. Kamis, 9 Februari 2023.

Menurut, salah satu mahasiswa KKN Hapsari Ayuning Lestari menerangkan Kamis Manis merupakan kepanjangan dari kamis membaca dan menulis. Kegiatan ini merupakan inisiatif mahasiswa untuk mewujudkan potensi siswa dibidang literasi dan mampu berkarya pada bidang literasi. Di sekolah, membaca merupakan proses yang sangat penting dalam pembelajaran untuk menentukan keberhasilan dari harapan dilaksanakannya sebuah proses pembelajaran. 

Kegiatan Kamis Manis yang dilakukan siswa-siswi di SD N 1 Tambirejo melalui tiga tahapan yaitu tahapan pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran.

Tahap pembiasaan

Tahap pembiasaan yaitu sekolah melakukan pembiasaan siswa membaca 15 menit sebelum dimulainya belajar mengajar. Dalam hal ini mahasiswa KKN Tematik unit 8 menyiapkan bahan bacaan yang berupa cerita untuk memberikan bantuan pada siswa dalam kegiatan kamis manis.

Tahap pengembangan

Pada tahap pengembangan mahasiswa memberikan tugas pada siswa untuk membaca kedepan atau menceritakan kembali dan menulis ringkasan dari cerita yang telah di baca.

Tahap pembelajaran

Tahap pembelajaran menjadi langkah yang terakhir dalam penyelenggaraan program literasi. Paada tahapan pembelajaran menjadi upaya yang intens dalam menanamkan pelaksanaan program literasi. Seperti 2 tahap sebelumnya, dalam tahap pembelajaran memiliki 2 strategi yakni penyelenggaraan pembelajaran sekolah bisa melaksanakan bermacam kegiatan yang bisa mempertahankan minat baca siswa serta kemampuan literasi siswa.

Kegiatan literasi 15 menit sebelum pembelajaran.


"Tujuan dari kegiatan ini sangat menarik yaitu meningkatkan minat baca siswa dan memberikan kesempatan siswa untuk menunjukkan potensi diri masing-masing," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksana kegiatan ini merupakan mahasiswa KKN Tematik Unit 08 yang tertarik untuk menerapkan pembiasaan baru dalam meningkatkan pengetahuan terutama dalam membaca serta berhitung. Tujuan kegiatan ini juga berkaitan dengan tema KKN Tematik 2023 yaitu Gerakan Literasi dalam mendukung pencapaian Substainable Development Goals (SDGs) yang diharapkan dapat membantu meningkatkan minat baca dan menggali potensi siswa-siswi di Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan.

"Kegiatan ini melibatkan semua kelas yang ada di SD N 1 Tambirejo. Sebelum melaksanakan kegiatan Kamis Manis di SD N 1 Tambirejo, KKN Tematik unit 8 meminta perijinan terlebih dahulu pada hari Senin, 6 Februari 2023. Setelah memperoleh perijinan dari sekolah dasar yang terlibat kita baru melaksanakan kegiatan. Kegiatan diawali dengan memasuki kelas dan melakukan perkenalan sebelum memulai kegiatan," paparnya.

Disampaikan pula, pada Kamis, 9 Februari 2023 dan 16 Februari 2023 merupakan hari pelaksanaan "Kamis Manis" di SD N 1 Tambirejo. Kegiatan ini dilakukan pada kelas 3 sampai kelas 6 dengan waktu yang telah disepakati 100 menit dimulai pukul 07.00 sampai istirahat. 15 menit sebelum pembelajaran dimulai dilakukan kegiatan kamis manis. Kegiatan dilakukan oleh mahasiswa untuk mengkoordinasi siswa di masing-masing kelas dengan memberikan bahan bacaan. Selanjutnya, siswa melakukan kegiatan membaca dan menulis ringkasan dari cerita yang telah di bagikan. Sebelum berakhirnya kegiatan, beberapa siswa perwakilan diminta untuk maju untuk menceritakan ulang apa yang telah dibaca agar dapat diketahui kemampuan membaca siswa serta lebih giat dalam melakukan kegiatan literasi. Setelah melakukan kegiatan literasi selama 15 menit, lalu dilanjutkan pembelajaran materi sesuai jadwal yang dibantu oleh mahasiswa KKN Unit 08. 

Siswa menceritakan ulang hasil bacaannya.


Kegiatan "Kamis Manis" ditutup dengan memberikan salam perpisahan dan foto bersama siswa/I SD negeri 1 Tambirejo. "Kami juga berpamitan dengan kepala sekolah, guru, dan staf karyawan SD Negeri 1 Tambirejo. Kami KKN Tematik unit 08 di desa Tambirejo berharap dengan adanya progam kerja “Kamis Manis” dapat meningkatkan minat literasi dan numerisasi siswa-siswi SD Negeri 1 Tambirejo, sehingga dapat menembah jendela pengetahuan serta dapat menggali potensi siswa," harapnya. (Sofyan)





Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top