SMP Negeri 8 Surakarta Sebagai Sekolah Sasaran Kegiatan Uji Coba Mikro APD

Print Friendly and PDF

Siswa SMPN 8 Surakarta saat menerima pengarahan sebelum melaksanakan kegiatan Uji Coba Mikro APD (Aplikasi Pengumpulan Data).


SMP Negeri 8 Surakarta Sebagai Sekolah Sasaran Kegiatan Uji Coba Mikro APD

Solo- majalahlarise.com -Dalam rangka Pengembangan Model Sistem Dukung Bank Soal, Pusat Asesmen Pendidikan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melaksanakan kegiatan Uji Coba Mikro APD (Aplikasi Pengumpulan Data) yang dilaksanakan pada tanggal 21 – 22 Februari 2023 di SMP Negeri 8 Surakarta.

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. menunjuk Hesti Setyaningsih, S.Kom sebagai Proktor dan Biyanto, S.Kom sebagai teknisi, dalam pelaksana kegiatan yang membantu persiapan dan pelaksanaan kegiatan. Selain itu Kepala Sekolah juga menunjuk untuk menentukan 60 Peserta Didik dari kelas 9 untuk menjadi peserta tes.

SMP Negeri 8 Surakarta menjadi salah satu sekolah sasaran kegiatan Uji Coba Mikro Aplikasi Pengumpulan Data (APD). Selain itu, dari Kota Surakarta yang menjadi sasarannya adalah SMP Negeri 10, SMPN 12, SMPN 14, SMPN 15, SMP Kanisius 1 Surakarta, dan SMP Kristen Kalam Kudus. Sekolah lainnya yaitu dari Kota Bandung terdiri dari SMPN 2, SMPN 3, SMPN 14, SMPN 29, SMPN 42, SMPK 1dan 5 BPK Penabur, dan SMP Waringin.

Sekolah Sasaran dari SMP Negeri 8 Surakarta melaksanakan ujian dengan menggunakan dua moda (hari pertama moda semi daring dan hari kedua moda daring), di ruang Laboratoriun TIK lantai bawah, dengan pendamping dari Kemdikbud, Proktor dan Teknisi SMP Negeri 8 Surakarta.

Baca juga: Kenalkan Teknologi Pangan, SD Muhammadiyah PK Kottabarat Lakukan Field Trip ke Pabrik Tahu

Jadwal Pengarahan Teknis dan Pelaksanaan Kegiatan Uji Coba Mikro APD tanggal 21-22 Februari 2023. Mengenai pengarahan teknis dilakukan pada hari Kamis tanggal 16 Februari 2023 pukul 10.00 – 12.00 WIB. Untuk rincian kegiatan yaitu pengarahan teknis secara daring melalui zoom meeting terkait pelaksanaan kegiatan. Pesertanya mulai dari Petugas Pusat, Pejabat Dinas, Staf Dinas, Helpdesk ANBK, Kepala Sekolah, Proktor dan Teknisi, tempat zoom meeting.

Selanjutnya pelaksanaan kegiatan Uji Coba Mikro Aplikasi Pengumpulan data (APD), pada hari Selasa, 21 Februari 2023 pukul 08.30 – 10.00 WIB Tes Sesi I sebanyak 15  Siswa, sedangkan untuk sesi II pada pukul 10.30 – 12.00 WIB. Pada hari Rabu tanggal 22 Februari 2023 pukul 08.30 – 10.00 WIB Tes Sesi I sebanyak 30 Siswa. Untuk tempat semuanya menggunakan Ruang Laoratoeium TIK SMP Negeri 8 Surakarta sebagai salah satu sekolah sasaran.

Pelaksanaan Aplikasi Pengumpulan Data (APD) hari Selasa tanggal 21 Februari 2023 Sesi 1 di SMP Negeri 8 Surakarta terjadi kendala teknis, yang mana seharusnya dilaksanakan secara moda semi online, akhirnya dirubah menjadi full online. Hal ini dikarenakan mengingat waktu server yang terus berjalan dan belum bisa terkoneksi antara computer server dengan computer client sehingga moda full diperbolehkan. Setelah sesi I selesai dilanjutkan dengan sesi 2. Untuk sesi 2 ini menggunakan moda semi online, karena server sudah kembali normal.

Sedangkan untuk pelaksanaan hari Rabu 22 Februari 2023 kegiatan lancar tanpa kendala apapun dan sesui dengan jadwal. Menurut Triyanto dari Pusat Asesmen Pendidikan Kemdikbud, menyampaikan kepada Peserta sebelum kegiatan dimulai, yaitu bahwa kegiatan ini mayoritas mengerjakan soal-soal non akademik, seperti angket, survey, dan sejenisnya. Dan semuanya memilih jawaban yang sudah tersedia, semuanya harus dikerjakan. Kebanyakan berisi pengalaman ketika sedang berada di sekolah,dan semua yang terjadi di sekolah.

Menurut Pelangi Naura dari kelas 9D, salah satu peserta menyampaikan bahwa sebelum mengerjakan tugas ternyata belum ada bayangan sama sekali, dengan apa yang harus dipelajari dan yang nanti harus dikerjakan. Namun setelah keluar dari ruang Laboratorium. TIK dirinya merasa lega dan plong, karena semuanya bisa terlewati dengan baik menurut dirinya. Hal itu juga dirasakan oleh salah satu Guru IPS, Rekyan Pamusthi, S.Pd. sambil tersenyum Rere menyampaikan kepada Sie Publikasi, mengenai Aplikasi Pengumpulan Data (APD) belum tahu sama sekali. 

 Ternyata memang kegiatan ini merupakan kegiatan baru yang dilakukan oleh sebagian Siswa dari kelas 9 SMP Negeri 8 Surakarta. Perlu diketahui bahwa kegiatan yang dilakukan itu merupakan semua kejadian yang tejadi di sekolah,antara lain Guru dan Siswa. Yang berbeda hanyalah penggunaan istilah yang baru yaitu Aplikasi Pengumpulan Data (APD), bukan alat pelindung diri. (Sofyan)

Baca juga: 100an Siswa SD Negeri Mojosongo VI Surakarta Peringati HPSN 2023 Lewat Aksi Komunikotavisual


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top