Disdikbud Kabupaten Sukoharjo Gelar Workshop Sejarah Lokal "Pentingnya Sejarah Lokal Bagi Penguatan Karakter Bangsa"

Print Friendly and PDF

Pemaparan materi workshop oleh Drs. Tundjung Wihadi Sutirto, M.Si dengan materi "Penguatan Sejarah Lokal di Kabupaten Sukoharjo Melalui Pelestarian Cagar Budaya".


Disdikbud Kabupaten Sukoharjo Gelar Workshop Sejarah Lokal "Pentingnya Sejarah Lokal Bagi Penguatan Karakter Bangsa"

Sukoharjo- majalahlarise.com -Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo menggelar Workshop Sejarah Lokal "Pentingnya Sejarah Lokal Bagi Penguatan Karakter Bangsa". Diikuti peserta dari para guru mata pelajaran sejarah SMP se-Kabupaten Sukoharjo. Selama dua hari Rabu-Kamis (22-23/2/2023) bertempat di ruang pertemuan Rumah Makan Dhamar Roso Sukoharjo.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan diwakili Kepala bidang Kebudayaan, Y. Sri Raharjo, S.Sen saat ditemui disela-sela kegiatan mengatakan di Sukoharjo banyak kearifan lokal. Sementara yang mengangkat kearifan lokal sedikit dan melihat anak-anak jarang mengetahui kearifan lokal. Oleh karena itulah pihaknya menyelenggarakan kegiatan workshop bagi para pendidik.

Baca juga: Prodi Teknologi Hasil Pertanian Univet Bantara Gelar Workshop dan Seminar Good Laboratory Practice & Maintenance Laboratory Instrument

"Setelah workshop ini, harapannya para pendidik menyampaikan kepada peserta didik di Sukoharjo banyak kearifan lokal. Sehingga peserta didik terbuka wawasan ternyata di Sukoharjo punya tempat sejarah. Seperti di daerah Majasto, Batu Seribu dan lainnya," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam workshop ini para guru diberi tugas mencoba menggali potensi kearifan lokal ditulis oleh para guru yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah lalu bisa diteruskan ke peserta didik.

"Outputnya peserta didik akan semakin mengerti, menghargai kearifan lokal kita sendiri," harapnya. 

Workshop pada hari pertama menghadirkan narasumber Drs. Rajiman, M.P (Sejarah lokal) menyampaikan materi tentang hal yang mempengaruhi penulisan sejarah lokal, perkembangan penelitian dan sejarah lokal, kegunaan mempelajari sejarah lokal. Narasumber Drs. Tundjung Wihadi Sutirto, M.Si dengan materi "Penguatan Sejarah Lokal di Kabupaten Sukoharjo Melalui Pelestarian Cagar Budaya" dengan isi materi penguatan sejarah lokal, potensi dan pemanfaatan cagar budaya di Sukoharjo, strategi penguatan sejarah lokal melalui cagar budaya. Hari kedua pemaparan materi oleh narasumber Sayyid Muhammad Ashari tentang sejarah dan nilai-nilai kearifan lokal. Narasumber Heri Priyatmoko, MA tentang aspek-aspek sejarah lokal untuk konten pendidikan. (Sofyan)


Baca juga: Teliti Regulasi Arak Bali, Dosen Unisri Rian Saputra Raih Doktor


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top