UPT Bahasa Univet Bantara Adakan Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka

Print Friendly and PDF

 

Wakil Rektor I, Dr. Ir. Sri Hartati, M.P. saat memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan.

UPT Bahasa Univet Bantara Adakan Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka

Sukoharjo- majalahlarise.com -UPT Bahasa Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo mengadakan Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka dengan menghadirkan narasumber Hamda Kharisma, M.Pd (Universitas Veteran Bangun Nusantara), Afritta Dwi Martawari, M.Hum (Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah), Getmi Arum Puspitasari (Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah) Bertempat di ruang Seminar Gedung H Univet Bantara. Kamis (15/12/2022).

Rektor Univet Bantara Sukoharjo diwakili Wakil Rektor I, Dr. Ir. Sri Hartati, M.P.  dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan menyampaikan kemahiran berbahasa sangat penting bagi para mahasiswa. Maka dari itu membekali diri sebaik-baiknya dengan ilmu apapun diantaranya ilmu bahasa.

"Ilmu kita tanpa bahasa, kita tidak bisa mengaktualisasi diri, tidak bisa berkomunikasi dan sebagainya. Kita akan menyerap ilmu dari luar tidak mungkin tanpa adanya bahasa. Oleh karena itu menyadari pentingnya bahasa kemudian Univet mendirikan Unit Pelaksanan Teknik (UPT) Bahasa," ujarnya.


Baca juga: Raih Akreditasi Unggul, PBSD Univet Bantara Tasyakuran Gelar Pagelaran Wayang Kulit

Lebih lanjut disampaikan, UPT Bahasa tidak hanya melayani Bahasa Indonesia ada juga Bahasa Jawa dan Bahasa Inggris. "Apa-apa kita kesulitan tentang bahasa dikonsultasikan dengan UPT Bahasa. Contoh dosen dan mahasiswa kesulitan translate untuk publikasi secara intenasional dikonsultasikan ke UPT Bahasa," tuturnya.

Dikatakan pula, Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia merupakan tes untuk menguji kemahiran penutur bahasa Indonesia mulai dari kemahiran mendengarkan, membaca, menulis, berbicara dan kemahiran merespon kaidah bahasa seperti toefl.

"Kami berpesan kepada mahasiswa untuk tetap bersemangat mengikuti sosialisasi ini. Kita dengarkan bersama-sama apa yang akan disajikan para narasumber," pesannya.


Sementara itu, Kepala UPT Bahasa Univet Bantara, Purwani Indri Astuti, S.S., M.Hum dalam laporan menyampaikan kegiatan sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) adaptif merdeka ini diselenggarakan dari hasil need analysis yang UPT Bahasa lakukan beberapa waktu lalu.

"Sebagai unit yang baru lahir masih banyak belajar dan mencoba menganalisis beberapa kebutuhan yang bisa kita akomodir UPT Bahasa. Tidak dipungkiri kemampuan lulusan sekarang ini tidak hanya ada kemampuan kompetensi intelektualnya tetapi juga kemahiran dalam berbahasa Indonesia," ungkapnya.

Dijelaskan pula, UKBI Adaptif Merdeka bagi UPT Bahasa masih awam dan bagi mahasiswa non prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia masih belum paham. Maka dari need analysis yang telah dilakukan kemudian diinisiasi oleh program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diselenggarakan sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka.

"Kami berharap untuk bisa lanjut ke tahap berikutnya pada tahap tes UKBI Adaptif Merdeka untuk menambah point SKPI bagi para lulusan," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: Belajar Motion Desain, Siswa SMK Marsudirini Sambangi DKV ISI Surakarta


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top