Mahasiswa Unisri Magang Kerja di ASKRINDO Surakarta

Print Friendly and PDF

Desi Nur Fitriani saat melaksanakan magang kerja.


Mahasiswa Unisri Magang Kerja di ASKRINDO Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan program kebijakan dari Menteri Pendidikan dam Kebudayaan pada tahun 2020. Dengan adanya MBKM ini diharapkan dapat memunculkan paradigma baru didalam pendidikan termasuk pendidikan tinggi. Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta melaksanakan program magang kerja pertama kali pada tahun 2017. Program magang kerja ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar dapat bekerja dan bersosialisasi dalam lingkungan kerja suatu instansi.

Kegiatan magang kerja ini dilakukan oleh salah satu mahasiswi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi UNISRI Surakarta, yaitu Desi Nur Fitriani dibawah bimbingan Dosen Pendamping Magang (DPM) Drs. Sumaryanto, MM. Kegiatan ini dilaksanakan di PT Asuransi Kredit Indonesia (ASKRINDO) Cabang Surakarta selama kurang lebih dua bulan, mulai tanggal 7 November hingga 23 Desember 2022. Magang dilaksanakan selama 8 jam perhari dan diberlakukan sistem 5 hari kerja yaitu dari hari Senin-Jum’at.

PT ASKRINDO merupakan perusahaan dibawah naungan BUMN yang bergerak pada asuransi atau penjaminan yang tidak dapat dipisahkan dari pembangunan ekonomi Indonesia. PT ASKRINDO senantiasa menjalankan peran dan fungsinya sebagai Collateral Subtitution Institution, yaitu lembaga penjamin yang menjembatani kesenjangan antara UMKM yang layak namun tidak memiliki agunan cukup untuk memperoleh kredit dengan lembaga keuangan, baik perbankan maupun lembaga non bank (feasible tetapi tidak bankable).

Dalam prosesnya, mahasiswa magang berkesempatan untuk mempelajari banyak hal yang tidak didapatkan di bangku perkuliahan, seperti mempelajari lebih dalam mengenai asuransi, mengelola keuangan perusahaan, mempelajari proses pembayaran klaim asuransi, menginput data keuangan, hingga mempelajari bagaimana perusahaan mendapatkan klien. 

“Setelah kegiatan magang ini berakhir, kami berharap mahasiswa-mahasiswi dari UNISRI ini mampu mendapatkan ilmu dan juga pengalaman setelah magang PT ASKRINDO ini, tetap semangat, tingkatkan kedisiplinan dan ketekunan, dan semoga suatu saat akan memiliki karir yang bagus dan sukses,” tutur Kepala Bidang Keuangan dan Umum, Fajar Priyambodo.

Sementara itu, Desi Nur Fitriani berharap berakhirnya kegiatan magang kerja ini, ilmu yang didapatkan dari lokasi magang tersebut akan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kerja dan berguna untuk jenjang karir ke depannya. (Sofyan)


    


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top