SMPN 8 Surakarta Gelar Gladi Bersih ANBK

Print Friendly and PDF

Siswa SMPN 8 Surakarta saat mengikuti gladi bersih ANBK.


SMPN 8 Surakarta Gelar Gladi Bersih ANBK

Solo- majalahlarise.com -SMP Negeri 8 Surakarta dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. mengadakan gladi bersih. Kegiatan gladi bersih sangatlah penting untuk diikuti oleh satuan pendidikan dan juga Peserta Didik yang ikut serta dalam ANBK karena diharapkan dapat melihat risiko dan juga kendala yang dihadapi untuk diidentifikasi dan diperbaiki. Senin, 12 September 2022.

Gladi bersih merupakan uji coba atau latihan pra kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kegiatan gladi bersih dilakukan untuk memastikan perangkat, seperti komputer dan jaringan internet, sudah siap dipakai saat ANBK. Kementrian Kebudayaan dan Pendidikan Republik Indonesia berdasarkan arahan dari Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim, resmi mengganti UN/UNBK yakni yang biasa kita kenal sebagai Ujian Nasional menjadi ANBK.

Perlu diketahui bahwa ANBK merupakan program evaluasi pembelajaran Peserta Didk yang diselenggarakan oleh Kemdikbud dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Peserta Didk di Indonesia. ANBK memiliki 3 aspek yang diuji yakni Asesmen Kompetensi Minimun (AKM), Survei Karakter, dan Survei lingkungan belajar.

Pengertian gladi bersih adalah latihan terakhir sebelum pementasan dilakukan di lokasi sebenarnya pada sebelum pertunjukan, untuk memastikan pementasan atau kegiatan benar-benar siap. Menurut Koordinator ANBK SMP Negeri 8 Surakarta, Hesti Setyaningsih, S.Kom. menyampaikan bahwa Peserta Didik yang mengikuti ANBK berjumlah 45 orang. Untuk cadangan berjumlah 5 orang, ssebagai pengganti apabila ada Peserta Didik yang tidak bisa hadir.

Gladi bersih untuk hari ini dimulai pada pukul 07.30 – 09.40 WIB. Peserta Didik mengerjakan 3 subtes antara lain : subtes 1 adalah Latihan Soal (10 menit), subtes 2 adalah Literasi Membaca (90 menit), dan subtes 3 adalah Survey Karakter (30 menit). Antar subtes terdapat jeda waktu 1 menit ditandai dengan tombol “mulai” berwarna biru. 

Untuk jadwal hari ke dua (Selasa tanggal 13 September 2022) adalah Numerasi dan Survey Lingkungan Belajar. Berdasarkan jadwal resminya, gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 jenjang SMP dimulai hari ini, Senin, 12 September 2022.

Baca juga: Prestasi SMP Negeri 4 Pracimantoro, Juara II Pawai Kebangsaan Go Nyawiji di Pracimantro

Bersumber dari situs Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, terdapat tiga instrumen dalam Asesmen Kompetensi Minimum (KM) yang terdiri dari AKM Literasi dan Numerasi, Survei Karakter, serta Survei Lingkungan Belajar.  Soal-soal AKM tersedia dalam bentuk-bentuk berikut:  Pilihan ganda Pilihan ganda kompleks Menjodohkan Isian singkat Uraian.

Menurut Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan dalam informasi Dinas beberapa waktu yang lalu, bahwa ruang yang digunakan berjumlah 3 ruang, tiap ruang terdiri dari 15 orang. Untuk gladi bersih ini sudah terlihat lancar, walaupun masih ada beberapa yang masih dibimbing oleh Guru Pendamping. 

Tidak seperti tahun sebelumnya, anak-anak sudah tidak gaptek lagi. Partisipasi Peserta Didik sudah lebih meningkat, hari ini hanya 1 anak yang tidak mengikuti gladi bersih karena baru sakit.

Menurut Koordinator ANBK SMP Negeri 8 Surakarta, Hesti Setyaningsih, S.Kom.  bahwa Link dan cara mengakses latihan soal AKM 2022 jenjang SMP Peserta Didik bisa berlatih mengerjakan soal dengan mengakses link atau tautan situs yang disediakan oleh Pusmendik Kemendikbud Ristek.  

Buka situs https://pusmendik.kemdikbud.go.id/ Klik pada tombol hijau "Ayo Coba AKM" Selanjutnya akan muncul website latihan soal AKM.  Pada halaman utama Ayo Coba AKM, bisa memilih jenis materi AKM yang ingin dikerjakan yaitu literasi atau numerasi serta jenjang pendidikan yang sesuai dengan Peserta Didik.

Jika sudah memilih jenis materi AKM dan jenjang pendidikan, kllik "Ok, Lanjutkan!" Peserta Didk secara otomatis akan mendapatkan username dan password lalu klik "Login". Selanjutnya Peserta Didik mengisi identitas diri dan memasukkan token yang diberikan. Kode token tersedia di halaman yang sama. Jika sudah mengisi data diri dan token, klik "Submit". Peserta Didik bisa mengerjakan latihan soal AKM dengan durasi waktu tertentu sesuai yang tertera pada halaman soal. 

Harapan secara keseluruhan untuk gladi bersih dan pelaksanaan bisa berjalan dengan lancar karena Laboratorium Komputer SMP Negeri 8 Surakarta memiliki fasilitas yang cukup canggih dan up to date. (Sofyan)


Baca juga: 11 Ribu Lebih Warga Muhammadiyah Semarakkan Jalan Sehat Syiar Muktamar di Solo


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top