PEMANFAATAN MEDIA APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELAS X4 DI SMA NEGERI 1 GODONG

Print Friendly and PDF

PEMANFAATAN MEDIA APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELAS X4 DI SMA NEGERI 1 GODONG

Oleh : Iin Marlina, S.Pd

Guru SMA Negeri 1 Godong, Grobogan Jawa Tengah

Iin Marlina, S.Pd


       Pandangan mengenai Pendidikan Nasional dapat dikatakan sebagai suatu sektor yang memiliki tujuan mulia yakni mencerdaskan kehidupan masyarakatnya (Syamsuar & Reflianto, 2018), diiringi dengan visi yakni terwujudnya sebuah sistem pendidikan yang mampu berdaya saing dalam persaingan global (LUBIS, 2020; Yildiz, 2019), serta dapat menjawab tantangan zaman yang secara dinamis terus mengalami kemajuan (Putra, 2019; Syamsuar & Reflianto, 2018). Selain itu, pendidikan juga dianggap sebagai indikator kemajuan bangsa (Syarif & Mawardi, 2021), hal ini dikarenakan melalui pendidikan akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkarakter dan berkompetensi. Sistem pendidikan saat ini menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga stabilitas dan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh individu dalam rangka untuk menambah wawasan, keterampilan, dan keahlian sesuai dengan kebutuhan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan  teknologi  komunikasi  (IPTEK). Selaras  dengan  hal  tersebut, pendidikan  menjadi  salah  satu landasan untuk dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, oleh karena itu pelaksanaan pendidikan harus dapat memfasilitasi individu sehingga seluruh potensi yang ada dalam diri dapat berkembang secara optimal (Brown, 2014).

       Tren yang terjadi di kalangan masyarakat saat ini telah memasuki babak baru yang dikenal dengan periode Revolusi Industri4.0. Periode ini ditandai dengan operasi digitalisasi di berbagai tempat sehingga yang semula ada manusia sebagai basis ekonomi, saat ini mulai tergantikan oleh teknologi digital (Syamsuar & Reflianto, 2018). Revolusi Industri4.0 adalah konversi lengkap dari semua aspek urusan di industri melalui kombinasi teknologi digital dan internet dengan industri saat ini (Bujang et al., 2020; Kowang et al., 2020)

       Pada masa pandemi sekitar 2 tahun peserta didik melakukan pembelajaran secara daring dan memanfaatkan media komukasi seperti hp dan menggunakan aplikasi pembelajaran seperti classroom sehingga siswa cenderung pasif hanya mendapatakan pembelajaran satu arah saja kebiasan di rumah yang sering menggunakan hp terbawa pada saat proses pembelajaran offline yang saat ini oleh karena itu guru dapat memanfaatkan gadget sebagai media pembelajaran.

        Dengan perkembangan zaman yang sekarang ini guru di tuntut untuk selalu berinovasi menciptakan media pembelajaran yang inovatif kreatif yang dapat menarik peserta didik oleh karena itu dengan adanya aplikasi Tik Tok yang saat ini banyak digandrungi oleh para remaja guru dapat memanfaat.

       Media tersebut sebagai media pembelajaran yang menarik, salah satunya adalah penulis yang telah menerapkan media aplikasi tik tok pada siswa SMA Negeri 1 Godong Kelas X4. Aplikasi Tik Tok itu sendiri adalah Aplikasi untuk membuat dan menyebarkan beragam video pendek dalam format secara vertikal, yang dimainkan dengan men-scroll layer ke atas maupun ke bawah. Dengan aplikasi Tik Tok ini guru dapat memasukkan konten konten pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar yang akan di sampaikan serta bisa menambahkan gambar video pendek dengan mengabungkan antara gambar gambar dengan aplikasi Capcut dan di sertai dengan dabing suara pada aplikasi Tik Tok di tambah lagi dengan suara musik sehingga menambah ketertarikan peserta didik. Pembelajaran menggunakan media aplikasi Tik Tok yang sudah penulis lakukan hasilnya positif yaitu menambah minat baca siswa serta menambah keaktifan siswa yang di tunjukkan peserta didik aktif membuat buku pojok baca serta berani mengungkapkan pendapat di depan kelas. Dengan hasil pembelajaran yang saya lakukan dapat di simpulkan bahwa dengan pemanfaatan media aplikasi Tik Tok dapat meningkatkan minat baca siswa serta dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Godong.




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top