KKN Unisri Kelompok 17 Gelar Pelatihan Prakarya Manfaatkan Limbah Galon

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN mengajarkan kerajinan menggunakan galon bekas.

KKN Unisri Kelompok 17 Gelar Pelatihan Prakarya Manfaatkan Limbah Galon 

Karanganyar- majalahlarise.com -Dalam rangka memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang lebih bermanfaat dan bisa digunakan kembali,Universitas Slamet Riyadi Surakarta melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik-Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT-MBKM) Kelompok 17 UNISRI adakan pelatihan cara membuat prakarya dengan memanfaatkan limbah galon sekali pakai.

Saat ini limbah sampah kebanyakan belum dimanfaatkan kembali dan hanya dibuang ke tempat sampah sehingga dapat mengganggu kelestarian lingkungan. Diadakan pelatihan ini untuk mengajarkan sejak dini kepada siswa/i agar dapat memanfaatkan sampah atau barang bekas yang masih bisa di daur ulang.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada Selasa,23  Agustus 2022 di SDN 02 Mojoroto. Pelatihan ini merupakan pelatihan membuat pot bunga dari galon sekali pakai. Anak-anak belajar membuat pot dan menghias pot itu dengan melukis pot sesuai dengan kreasi mereka.

Hasil karya pot dari galon bekas.

“Pelatihan ini diikuti oleh siswa/i SDN 02 Mojoroto yang berjumlah 25 siswa/i terdiri dari siswa/i kelas 4 sampai kelas 6.Para siswa/i sangat antusias mengikuti kegiatan. Mereka sangat senang bisa membuat prakarya tersebut.Mereka mengecat dan melukis galon dengan didampingi mahasiswa/i KKN," ungkap pelaksana kegiatan Aprilia Mulda Chyntia Andreani.

“Dengan pelatihan tersebut mereka dapat menuangkan kreatifitas mereka dan belajar memanfaatkan barang bekas diubah menjadi barang yang lebih berguna serta dapat memiliki nilai jual.” Tambah Aprilia Mulda Chyntia Andreani.

Pelatihan pemanfaatan galon bekas menjadi pot bunga mendapatkan antusias yang luar biasa dari bapak/ibu guru dan siswa/i di SDN 02 Mojoroto. 

Diharapkan dengan pelatihan ini siswa/i di SDN 02 Mojoroto dapat mengetahui cara memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang lebih berguna dan ikut andil dalam melestarikan lingkungan dengan mengurangi limbah sampah. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top