Crew Give Radio Ilmu Komunikasi FISIP Univet Bantara Gelar Pelatihan Kepenyiaran dan Pengakraban Anggota

Print Friendly and PDF

Narasumber Dr. Wiwik Yulianti, M.Hum (Pakar Kepenyiaran, Dosen FIB UNS) saat menyampaikan materi kepenyiaran radio. 

Crew Give Radio Ilmu Komunikasi FISIP Univet Bantara Gelar Pelatihan Kepenyiaran dan Pengakraban Anggota

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Fakuktas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Veteran Bantara yang tergabung dalam Give Radio mengikuti pelatihan kepenyiaran dan malam pengakraban anggota Give Radio tahun 2022, selama dua hari. Senin-Selasa (1-2/8/2022). Bertempat di Wisma BK, Tawangmangu Karanganyar.

Pelatihan kepenyiaran ini mengadirkan narasumber Dr. Wiwik Yulianti, M.Hum (Pakar Kepenyiaran, Dosen FIB UNS) dan Sofyan Yuli Antonius (praktisi penyiar radio).

Ketua panitia, Bagas menjelaskan kegiatan pelatihan kepenyiaran dan pengakraban ini menjadi tempat bagi pengurus dan anggota Give Radio bisa bekerjasama, membentuk camistri satu dengan lainnya sehingga ketika mereka siaran bisa tercipta suasana yang nyaman.

Crew Give Radio saat foto bersama narasumber Dr. Wiwik Yulianti dan Sofyan Yuli Antonius, S.Sos.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Refleksi Terbimbing

"Latihan kepenyiaran ini tujuannya melatif soft skill dari teman-teman menjadi penyiar radio yang baik nantinya menunjang soft skill dalam dunia kerja," terangnya.

Bagas berharap bagi pengurus Give Radio mampu melanjutkan regenerasi dan mampu menjadikan Give Radio sebagai wadah bagi mahasiswa berlatih menjadi penyiar yang baik.

Sementara itu, Dekan FISIP Univet Bantara, Dr. Yoto Widodo, M.Si  menyampaikan hadirnya program acara di Give Radio bisa kontinyu, teratur, dan stabil.

"Siaran tidak perlu lama antara 2-3 jam dengan acara teratur. Upamanya ada talk show atau wawancara dengan dosen mengangkat topik yang sedang terjadi di masyarakat minimal satu minggu sekali," ujarnya.

Pihaknya berharap melalui pelatihan kepenyiaran ini mahasiswa semakin terampil dengan pembekalan teknik teori kepenyiaran dari narasumber yang sudah handal.

Dalam penyampaian materi, Dr. Wiwik Yulianti menjelaskan kiat-kiat menjadi penyiar profesional bagi pemula yang ingin terjun dalam dunia kepenyiaran radio.

"Penyiar itu tugas mulia menyampaikan informasi, mengedukasi dan menghibur masyarakat. Mengedukasi pendengar bisa menyampaikan tips misalnya bagaimana sikap anak kepada orang tua. Maka ketika membuat materi siaran tetap harus mempertimbangkan unsur edukasi, informasi dan hiburan," ucapnya.

Di tempat yang sama, Sofyan Yuli Antonius menerangkan hal yang dilakukan oleh penyiar sebelum, saat siaran dan sesudah siaran. Agar dalam penyampaian pesan kepada pendengar dapat tersampaikan dengan baik.

"Hal yang harus dipersiapkan penyiar ketika akan siaran diantaranya datang maksimal 30 menit sebelum siaran, mempersiapkan materi siar, pemanasan senam pernafasan maupun vokal, dan perlengkapan siar. Sedangkan saat siaran selalu fokus pada materi, daftar putar, menerima umpan balik dan lain-lain. Setelah siaran harus melakukan evaluasi, mengecek daftar putar, mengecek hasil siaran yang sudah direkam dan mempersiapkan siaran waktu berikutnya," paparnya. (Sofyan)


Baca juga: KKN Unisri Kelompok 34 Desa Tuban Gelar Pelatihan Pembuatan Pisang Lumer



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top