Uji Sertifikasi Kompetensi Multimedia di SMK Negeri 1 Karanganyar

Print Friendly and PDF

Siswa kelas XII SMK Negeri 1 Karanganyar saat mengikuti uji sertifikasi kompetensi multimedia.

Uji Sertifikasi Kompetensi Multimedia di SMK Negeri 1 Karanganyar

Karanganyar- majalahlarise.com -Kompetensi Keahlian Multimedia SMK Negeri 1 karanganyar melaksanakan Uji Kompetensi Sertifikasi Kelas XII dengan Skema Sertifikasi KKNI Level II Pada Kompetensi Keahlian Multimedia. Dalam skema ini peserta didik harus menyelesaikan 4 Klaster yaitu Klaster Desain Grafis, Desain Grafis Percetakan, Animasi 2 Dimensi dan Pengolahan Audio Video. Sertifikasi diakhiri dengan Klaster Pengolahan Audio Video di tingkat XII semester akhir selama 7 hari sejak tanggal 17 Mei sampai dengan 24 mei 2022 dan diikuti sebanyak 104 peserta didik jurusan Multimedia. 

Setiyono, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Karanganyar mengharapkan dengan terlaksananya uji sertifikasi ini bertujuan agar peserta didik memperoleh pengakuan kompetensi yang dimiliki dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai bekal dalam menempuh dunia kerja. 

"Maka untuk menempuh 4 klaster tersebut dilakukan sejak peserta didik kelas XI dengan pembekalan-pembekalan sesuai ketentuan Skema sertifikasi yang dipilih," terangnya.

Baca juga: Universitas BSI Yogyakarta Adakan Lomba Foto Lewat Aplikasi Twibons di Job & Edu Fair SMK Negeri 1 Bantul 2022

Menurut Andi Saputro selaku salah satu asesor uji kompetensi mengatakan bahwa Materi Uji Kompetensi (MUK) yang digunakan mengacu kepada standar KKNI dengan materi uji berupa proyek kerja kekinian yaitu pembuatan iklan digital. Hal ini ditujukan agar peserta didik lebih siap bekerja secara digital sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia kerja. 

"Peserta didik harus menyelesaikan iklan dengan durasi tertentu yang ditujukan ke berbagai platform media sosial, selain itu peserta didik juga diminta dapat menyajikan bahan presentasi produk yang dibuat dengan tampilan yang menarik secara digital," ujarnya.

Dari kegiatan uji kompetensi ini Ketua LSP SMK Negeri 1 Karanganyar FR. Tri Bekti Murtiningsih, M.Pd menginginkan peserta didik bukan hanya selesai sampai disini, tetapi tetap mempraktikkan kompetensi yang dimiliki dalam kehidupan sehari-hari sehingga kompetensi yang dimiliki benar-benar terpelihara dan terasah. Dengan begitu ketrampilan yang dimiliki benar-benar bermanfaat bagi dirinya sendiri dan semoga bagi lingkungan kerja yang ditempati.

Semua peserta direkomendasikan kompeten oleh asesor yang kemudian diserahkan ke LSP SMK Negeri 1 Karanganyar untuk dilakukan rapat Pleno rekomendasi diteruskan laporan ke BNSP sebagai pengajuan Sertifikat Kompetensi untuk peserta didik. (Hum/ Sofyan)


Baca juga: Akhirussanah SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro, 237 Siswa Siap Kerja, Kuliah dan Wirausaha



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top