Murid SD Muhammadiyah PK Kottabarat Belajar Arsitektur bersama KMTA Mengajar

Print Friendly and PDF

Murid kelas III saat menggambar rumah impian mereka.

Murid SD Muhammadiyah PK Kottabarat Belajar Arsitektur bersama KMTA Mengajar

Solo- majalahlarise.com -Sejumlah 82 murid kelas III SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan KMTA Mengajar di sekolah setempat, Kamis (12/5/2022) beberapa waktu yang lalu.

Annanda Muhammad Adi Saksono, wakil ketua pelaksana kegiatan, menjelaskan bahwa KMTA Mengajar merupakan rangkaian program kerja Departemen Sosial Keluarga Mahasiswa Teknik Arsitektur (KMTA) Svargacitra Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta. 

“KMTA Mengajar ini bertujuan untuk membantu anak-anak meningkatkan minat belajar dan mengedukasi kreativitas mereka dalam bidang menggambar,” ungkap Adi.

Ia berharap melalui kegiatan KMTA Mengajar ini, murid dapat belajar mengenal arsitektur sebagai gambaran salah satu profesi untuk masa depan mereka. 

Baca juga: Mahasiswa Asal Wonogiri Rilis Aplikasi Direktori Radio Kampus #1 di Indonesia Bernama KampusFM 

Menurutnya, konsep yang diusung dalam kegiatan ini adalah  "Membangun Diri dengan Kreativitas.” Artinya, murid diharapkan mampu menggali kreatifitasnya melalui gambar rumah impian mereka. 

"Murid dibebaskan menggambar desain rumah impian mereka," ujarnya.

Kegiatan KMTA Mengajar diawali dengan perkenalan para pengajar, kemudian dilanjutkan dengan lontaran pertanyaan “Apa itu Arsitektur?” yang ditujukan kepada para murid.

Salah satu murid kelas III C, Rashya Wardhana, nampak bersemangat mendapatkan tantangan pertanyaan tersebut.

“Mendesain dan membangun rumah,” jawab Rashya singkat penuh keyakinan.

Saat ditanya lebih lanjut, Rashya mengaku sudah tidak asing dengan profesi arsitek. Ia mengaku mengetahui profesi tersebut dari buku bacaan dan internet.

Kegiatan dilanjutkan dengan menggambar desain rumah impian para murid di kertas yang sudah disiapkan oleh pengajar. 

Pada kertas tersebut sudah ada pola model bangunan dasar rumah yang digambar oleh pengajar, murid diminta menambahkan elemen lain yang ada pada bangunan rumah, seperti pintu, jendela, maupun hiasan, sehingga terbentuk rumah impian mereka. 

Di akhir kegiatan, dipilih gambar desain rumah impian terbaik yang kemudian diapresiasi oleh pengajar dengan memberikan hadiah kepada murid bersangkutan. 

Kegiatan KMTA Mengajar digelar di ruangan kelas masing-masing yang  diikuti oleh murid kelas III A sebanyak 27 anak, III B sebanyak 27 anak, dan kelas III C sebanyak 28 anak. Sedangkan pengajar dari KMTA Svargacitra sejumlah 16 mahasiswa. (Sofyan)


Baca juga: Sekitar 109 Keris Dipamerkan di DPRD Kota Surakarta


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top