LKPD INTERAKTIF SOLUSI MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

Print Friendly and PDF

LKPD INTERAKTIF SOLUSI MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

Oleh: Yuli Khulwatiningsih

Guru Mapel PAI SMA Negeri Klirong Kebumen, Jawa Tengah


Yuli Khulwatiningsih


       Belajar adalah proses yang penting dalam kehidupan kita. Namun, seringkali minat dan hasil belajar siswa tidak mencapai potensi yang maksimal. Ada beberapa factor faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar peserta didik diantaranya adalah factor dari dalam diri anak tersebut dan factor dari luar seperti : materi Pelajaran, gaya mengajar guru, teman pergaulan, keluarga, dan lingkungan akan sangat mempengaruhi minat belajar siswa. Jika minat belajar kurang maka tidak menutup kemungkinan hasil belajar yang akan diperoleh pun tidak maksimal. Terkait dengan hal tersebut, kita sebagai pendidik dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi, apalagi dizaman sekarang ini anak – anak didik kita lahir pada generasi Z yang mana mereka tidak asing dengan gadget. Agar anak lebih tertarik maka kitab isa mengubah metode pembelajaran yang kita gunakan. Salah satu metode yang dapat meningkatkan minat belajar siswa adalah menggunakan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) interaktif.

       LKPD yang interaktif adalah adalah suatu panduan atau lembar kerja yang dirancang untuk membantu peserta didik dalam proses belajar mengajar. LKPD digunakan oleh guru sebagai alat bantu dalam mengajar untuk memberikan arahan, tugas, pertanyaan, atau latihan kepada peserta didik. LKPD interaktif dapat membantu membuat proses pembelajaran lebih menarik dan lebih diminati anak karena anak terlibat secara langsung dan aktif. 

Untuk membuat LKPD interaktif banyak sekali platform yang bisa kita gunakan diantaranya adalah liveworkshet, quiziz, kahot, google classroom dan yang lainnya. Namun sebelum membuat LKPD interaktif, guru perlu merancang jenis soal yang akan digunakan, skor yang akan diberikan serta mempertimbangkan kompleksitas materi serta karakteristik peserta didik. 

      Adapun keunggulan LKPD interaktif adalah kemampuannya untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Dengan menggunakan elemen-elemen interaktif seperti gambar, video, audio, dan animasi, siswa akan lebih tertarik dan terlibat dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran yang sedang dipelajari dan memotivasi mereka untuk belajar lebih aktif, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.

       Tidak hanya itu, LKPD interaktif juga memudahkan guru dalam menginput nilai, karena dalam mengkoreksi tidak lagi dengan manual, Ketika anak selesai mengerjakan dan mengirim hasil pekerjaannya, maka secara otomatis pekerjaan terekam dan nilai terolah oleh system. Selanjutnya juga bisa digunakan untuk melacak dan mengevaluasi perkembangan belajar siswa dengan lebih mudah. Dengan adanya fitur ini, guru dapat secara langsung melihat sejauh mana siswa memahami materi pembelajaran dan memberikan umpan balik yang lebih spesifik. 




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top