Mahasiswa KKN Univet Beri Bimbingan Belajar Siswa Sekolah Dasar di Dukuh Jobin

Print Friendly and PDF

Bintaria Nugraha saat membimbing belajar anak-anak.

Mahasiswa KKN Univet Beri Bimbingan Belajar Siswa Sekolah Dasar di Dukuh Jobin 

Sragen- majalahlarise.com -Bintaria Nugraha, mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Mahasiswa tersebut melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri periode II tahun 2022 yang dilaksanakan di Desa Jobin RT:18, Jetis, Sambirejo, Sragen. Kegiatan KKN tersebut telah dilaksanakan dari tanggal 1 Februari 2022 dan berakhir sampai tanggal 17 Maret 2022.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu program pendidikan bagi mahasiswa yang dilaksanakan suatu pengabdian di lingkungan masyarakat, kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud dari Tridharma Perguruan Tinggi kepada masyarakat agar mahasiswa mampu membangun ikatan sosial dengan masyarakat dan menciptakan inovasi baru bagi masyarakat.

Dalam pelaksanakan KKN tersebut terdapat program kerja pemasyarakatan, dimana mahasiswa membuat sebuah kelompok belajar atau bimbingan belajar kepada para siswa SD dilingkungan sekitar tersebut. Program tersebut diberi nama RC-UNIVET yang merupakan bentuk dari rumah cerdas univet dimana siswa tidak hanya belajar saja, namun ada juga bimbingan-bimbingan khusus untuk menjaga tubuh tetap sehat dan menerapkan system cuci tangan yang baik dan benar. Penerapan Rumah Cerdas UNIVET ini dilakukan seminggu sekali setiap hari sabtu pukul 14.00 WIB. 

Dalam penerapan bimbingan belajar ini diikuti kurang lebih 5-6 siswa dan diantaranya yaitu siswa kelas 4 dan kelas 5, karena hanya terdapat sedikit siswa SD dilingkungan tersebut. Dalam pembelajaran selain memberikan bimbingan materi juga membantu siswa dalam pengerjaan tugas rumah, bagaimana cara menyelesaikannya dan berlatih mengerjakan soal yang sama, dengan begitu orang tua merasa terbantu karena sudah ada yang memberikan penjelasan terkait tugas rumah dari sekolah dan orang tua tidak harus mengerjakan tugas dari anaknya tersebut.

"Selama bimbingan berlangsung selama kurang lebih 2 jam agar siswa tidak jenuh dalam belajar dan masih punya waktu untuk bermain bersama," terang Bintaria Nugraha kepada majalahlarise.com. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top