Cegah Demam Berdarah, Mahasiswa KKN UNIVET Periksa Jentik-Jentik Nyamuk

Print Friendly and PDF

Sovia Ambarwati saat memeriksa bak penampungan air warga.

Cegah Demam Berdarah, Mahasiswa KKN UNIVET Periksa Jentik-Jentik Nyamuk

Sukoharjo- majalahlarise.com -Sovia Ambarwati, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNIVET melakukan pemeriksaan jentik-jentik dari rumah ke rumah warga di wilayah Dk. Geneng, Ds. Jagan Rt 01/ Rw 05, Bendosari, Sukoharjo. Pelaksanaan program ini dilakukan selama 1 hari pada hari Jumat, 11 Maret 2022.

Upaya pencegahan timbulnya penyakit DBD. Maka mahasiswa melakukan pemeriksaan jentik dari rumah ke rumah. Penyakit DBD merupakan penyakit yang disebabkan virus dengue dan ditularkan melalui nyamuk Aides Aegypti.

Memasuki musim penghujan dengan kondisi yang lembab jentik nyamuk akan mudah timbul juga karena terdapat genangan-genangan air yang dihinggapi jentik nyamuk. Kemudian, jika ada rumah warga yang positif terdapat jentik-jentik nyamuk mahasiswa menghimbau agar segera dikuras.

Hasil pemeriksaan jentik nyamuk dari rumah ke rumah keseluruhan negatif dari jentik-jentik nyamuk. Pemeriksaan ini sangat penting dilakukan karena pada musim penghujan pasti banyak genangan air yang menjadi sarang jentik nyamuk. 

"Diharapkan dengan adanya pemeriksaan jentik nyamuk ini penyakit DBD dapat tertanggulangi dan berkurang," terang Sovia Ambarwati kepada majalahlarise.com. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top