Sekolah Alam Dalam Kegiatan KKN Univet Bantara

Print Friendly and PDF

Preti Sakti Wahyu Oktavia saat mengajar di sekolah alam.

Sekolah Alam Dalam Kegiatan KKN Univet Bantara

Sragen- majalahlarise.com -KKN Mandiri UVBN membuat RC  UVBN atau Rumah Cerdas Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. RC-UVBN merupakan rumah manajemen seluruh kegiatan KKN yang dilakukan dalam satu payung. RC-UVBN terdapat 4 bidang yaitu Bidang Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi Kreatif dan Sosial Budaya.

Mahasiswa KKN, Preti Sakti Wahyu Oktavia menyampaikan kegiatan KKN Mandiri mengambil fokus bidang utama Sosial Budaya dan bidang penunjang lainnya seperti bidang kesehatan dan bidang pendidikan. Alasan dipilihnya bidang utama dan bidang penunjang tersebut yaitu karena masih banyak anak-anak di Desa Baran Rt 15, Doyong, Miri, Sragen yang bermain game online. Sehingga hal tersebut membuat anak-anak berkerumun dan terkadang mereka lupa akan protokol kesehatan seperti lupa memakai masker dan menjaga jarak. Sebelum melaksanakan program kerja KKN di Desa tempat tinggal mahasiswa, terlebih dahulu mengkonsultasikan kepada DPL. 

Pelaksanaan program kerja KKN pada 15 hari pertama yaitu sosialisasi program kerja KKN kepada masyarakat, sekolah alam dan sosialisasi cara mencuci tangan yang baik dan benar. Masyarakat sangat antusias ketika diberikan sosialisasi terkait program kerja KKN. Sosialisasi ini dilakukan dengan menjelaskan beberapa program kerja unggulan dan penunjang lainnya yang akan dilakukan selama beberapa pekan kedepan. 

Mereka sangat senang karena diberikan pengetahuan (edukasi) terkait pemahaman menjaga diri selama pandemi covid-19  dan anak-anaknya dibantu dalam belajar. Sosialisasi ini dilakukan pada Selasa, 08 Februari 2022 di Desa Baran Rt 15, Doyong, Miri, Sragen.

Program kerja unggulannya adalah sekolah alam yang dilakukan pada sore hari Rabu, 09 Februari 2022. Target sasarannya adalah anak-anak SD Desa Baran Rt 15. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan sikap anak agar bisa menghormati alam dan lingkungan sekitarnya juga dapat membuat mereka berpikir leluasa serta melawan rasa bosan sekolah daring. 

Preti Sakti Wahyu Oktavia saat mengajarkan cara mencuci tangan yang benar.

"Sekolah alam ini dilakukan dengan cara jalan-jalan menikmati alam sekitar dan diselingi dengan menggambar apa yang dilihat. Untuk media menggambarnya disediakan oleh mahasiswa KKN dan untuk alat menggambarnya mereka membawa sendiri. Respon anak-anak sangat luar biasa dalam melakukan kegiatan ini. Mereka sangat gembira," terangnya.

Selain itu, ada bidang penunjang lainnya yaitu sosialisasi pencegahan covid-19. Salah satunya adalah sosialisasi cara mencuci tangan yang baik dan benar. Sosialisasi ini ditujukan kepada anak-anak SD Desa Baran Rt 15 pada Kamis, 10 Februari 2022. Tujuan kegiatan ini supaya anak-anak mengetahui akan pentingnya mencuci tangan dengan benar sesuai standar WHO. Anak-anak Desa Baran Rt 15 sangat memperhatikan setiap gerakan cuci tangan yang diberikan. Program ini diharapkan dapat membantu anak-anak untuk terus menjaga kesehatan supaya terhindar dari virus covid-19. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top