Mahasiswa KKN Univet Ikut Produksi dan Pemasaran Krupuk

Print Friendly and PDF

Rosyid Arifudin saat menjemur bahan olahan krupuk.

Mahasiswa KKN Univet Ikut Produksi dan Pemasaran Krupuk

Sukoharjo- majalahlarise.com - Mahasiswa KKN Mandiri Univet Bantara Sukoharjo, Rosyid Arifudin dari Progdi Bimbingan dan Konseling FKIP melaksanakan program KKN yaitu ikut serta dalam proses produksi krupuk di UMKM sentral industri Krupuk mbak GIA, Laban, Mojolaban, Sukoharjo. Rabu (9/2/2022).

Rosyid Arifudin dalam rilis menyampaikan strategi yang digunakan untuk meningkatkan kuantitas produk dengan cita rasa produk yang khas. Hal tersebut nantinya yang membedakan produk satu dengan produk yang lainnya. memberikan inovasi kerupuk yang beraneka macam bentuk yang cukup baik, dan tentunya sudah mendapat sertifikat halal. 

"UMKM sentra industri kerupuk kulit sapi telah melakukan strategi promosi dalam pemasaran produknya dengan mengikuti event, pemasaran dalam bentuk online, dan penggunaan aplikasi grab food," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang pada umumnya dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti udang atau ikan yang berasal dari Indonesia. Kerupuk dibuat dengan mengukus adonan sampai matang, kemudian dipotong tipis-tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari sampai kering dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. 

Makanan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai lauk hidangan serta sebagai jenis lomba makan utama pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Kerupuk tidak selalu berbahan dasar tepung tapioka, tetapi lebih kepada 3 proses persiapan. Pembuatan, pengeringan, dan pemasakan (bisa digoreng dengan minyak atau pasir, atau dibakar).

Kerupuk bertekstur garing dan sering dijadikan pelengkap untuk berbagai makanan Indonesia seperti nasi goreng dan gado-gado.

Kerupuk udang dan kerupuk ikan adalah jenis kerupuk yang paling umum dijumpai di Indonesia. Kerupuk berharga murah seperti kerupuk aci atau kerupuk mlarat hanya dibuat dari adonan sagu dicampur garam, bahan pewarna makanan, dan vetsin.

Kerupuk biasanya dijual di dalam kemasan yang belum digoreng. Kerupuk ikan dari jenis yang sulit mengembang ketika digoreng biasanya dijual dalam bentuk sudah digoreng.

Kerupuk kulit atau kerupuk ikan yang sulit mengembang perlu digoreng sebanyak dua kali. Kerupuk perlu digoreng lebih dulu dengan minyak goreng bersuhu rendah sebelum dipindahkan ke dalam wajan berisi minyak goreng panas. Kerupuk kulit (kerupuk jangek) adalah kerupuk yang tidak dibuat adonan tepung tapioka, melainkan dari kulit sapi atau kerbau yang dikeringkan. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top