Mahasiswa KKN Univet Edukasi Cuci Tangan yang Benar

Print Friendly and PDF

Felix Dewa Pratama saat mengajari anak cuci tangan yang benar.


Mahasiswa KKN Univet Edukasi Cuci Tangan yang Benar

Sukoharjo- majalahlarise.com -Felix Dewa Pratama, Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Langenharjo, Grogol, Sukoharjo dengan program kerja di bidang kesehatan yaitu pemasang poster dan langkah-langkah cuci tangan yang benar, kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 14 Februari 2022. 

Tema ini dipilih karena tangan adalah anggota badan yang banyak digunakan untuk melakuan berbagai kegiatan sehari-hari termasuk makan, minum, menyiapkan makanan, serta memberi makan anak atau bayi. Tangan yang selalu bersih dan sehat akan mencegah kita dari serangan berbagai penyakit, utamanya penyakit menular, lalu mencuci dengan air saja jauh lebih kecil kemungkinannya untuk memindahkan virus dari permukaan kulit. Jadi,cucilah tangan dengan sabun (CTPS) karena ia mengandung senyawa seperti lemak yang disebut amphiphiles, yang mirip dengan lipid yang ditemukan dalam virus. Ketika sabun bersentuhan dengan zat berlemak ini, sabun mengikatnya dan menyebabkannya terlepas dari virus. Ini juga memaksa virus melepaskan diri dari kulit.

Kegiatan ini dilaksanakan  disalah satu masjid daerah Langenharjo supaya memudahkan masyarakat dapat mengetahui cara mencuci tangan yang benar  dengan  memasangan poster mencuci tangan.

"Diharapkan melalui kegiatan ini bisa mengurangi dampak covid-19 di masyarakat, karena disituasi dan kondisi yang sering berubah maka perlu adanya pemantauan kesehatan terutama pada anak-anak dan masyarakat," terang Felix kepada majalahlarise.com. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top