Mahasiswa KKN Laksanakan Program Kerja RC UVBN

Print Friendly and PDF

Nur Fitria Astuti saat mendampingi menanam sayuran.


Mahasiswa KKN Laksanakan Program Kerja RC UVBN

Sragen- majalahlarise.com -Sesuai dengan tema KKN Mandiri  Pendidikan Masyarakat di Era Pandemi Covid  19 di UNIVET BANTARA SUKOHARJO, maka dalam kegiatan ini mahasiswa membuat RC UVBN atau Rumah Cerdas Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Dengan mendirikan RC  UVBN ini diharapkan dapat menyelesesaikan permasalahan  permasalahan yang ada di tempat pelaksanaan kegiatan KKN. RC UVBN terdapat 4 Bidang yaitu Bidang Pendidikan, Kesehatan, Sosial Budaya, Dan Ekonomi Kreatif. 

Lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dipilih mahasiswa KKN, Nur Fitria Astuti adalah di Desa Baran Rt 13, Doyong, Miri, Sragen. Berdasarkan analisis situasi di tempat pelaksanaan KKN, maka dalam kegiatan ini mengambil fokus bidang utama Kesehatan dan bidang penunjang lainnya seperti bidang pendidikan, ekonomi kreatif, dan sosial budaya. Alasan pemilihan bidang tersebut dikarenakan warga desa Baran khususunya warga Rt. 13 belum memahami dengan baik tentang pencegahan covid  19. Banyak warga yang masih mengabaikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

"Dapat dilihat masih banyak masyarakat di desa yang tidak menggunakan masker, berkerumun di depan rumah terutama ibu-ibu, dan juga tidak rutin mencuci tangan setelah berpergian atau setelah memegang benda yang pemakaiannya secara bersama. Selain itu, di desa tersebut juga belum memiliki tempat cuci tangan terutama di tempat umum, pamflet informasi mengenai protokol kesehatan belum ada," terang Nur Fitria Astuti.

Sebelum melakukan Program Kerja di tempat KKN, mahasiswa melakukan konsultasi kepada dosen pembimbing lapangan (DPL). 

Pelaksanaan program kerja KKN pada 15 hari pertama yaitu perizinan kepada ketua RT, sosialisasi program kerja KKN kepada warga masyarakat, cara mencuci tangan yang benar, dan penanaman sayuran. Kegiatan sosialisasi program kerja KKN dilaksanakan pada Selasa, 08 Februari 2022. 

Mahasiswa menyampaikan beberapa program kerja unggulan dan penunjang lainnya yang akan dilakukan selama 45 hari. Dalam kegiatan ini mahasiswa memberikan sosialisasi dan edukasi pencegahan covid  19  serta kegiatan belajar untuk anak  anak. Masyarakat  sangat antusias dan merasa senang dengan program kerja yang dijalankan mahasiswa dalam kegiatan KKN ini.

Program kerja unggulan dalam 15 hari pertama ini adalah cara mencuci tangan yang benar. Kegiatan ini dilaksankan pada Rabu, 09 Februari 2022. Target sasarannya adalah anak  anak SD di desa Baran Rt. 13. Kegiatan sosialisasi dan edukasi tentang bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk memutus rantai penyebaran covid  19. Mencuci tangan tangan yang baik dan benar sesuai anjuran WHO (World Health Organization) merupakan hal dasar dalam upaya mencegahan dan pemutusan mata rantai covid  19. Anak  anak sangat antusias dan senang dengan kegiatan ini. Mereka sangat memperhatikan setiap gerakan yang diajarkan oleh mahasiswa. 

Selain itu, ada bidang penunjang lainnya yaitu penanaman sayuran. Target sasarannya adalah anak  anak SD di desa Baran Rt. 13. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 10 Februari 2022. Kegiatan ini dilakukan di luar ruangan, dengan tujuan mengenalkan proses menanam kepada anak  anak dan mengenalkan beberapa bibit sayuran. Dalam kegiatan ini anak  anak responnya sangat luar biasa, meraka sangat senang. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top