Rima Elisa Maharani, Mahasiswa Magang UNISRI Surakarta, Memberikan Edukasi Pelayanan Secara Online di Kantor Kecamatan Banjarsari

Print Friendly and PDF

Rima Elisa Maharani saat mengerjakan tugas magang.

Rima Elisa Maharani, Mahasiswa Magang UNISRI Surakarta, Memberikan Edukasi Pelayanan Secara Online di Kantor Kecamatan Banjarsari

Solo- majalahlarise.com -Magang kerja merupakan pendidikan tambahan guna mempersiapkan mahasiswa agar nantinya mampu beradaptasi di dunia kerja yang sesungguhnya. Senin, tanggal 1 November hingga 30 Desember 2021 dilaksanakannya kegiatan MBKM Magang Kerja di Kantor Kecamatan Banjarsari Surakarta oleh Rima Elisa Maharani, Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, semester 7 dengan DPM (Dosen Pembimbing Magang) Dra. Rahayu Triastuty.

"Selama kegiatan magang di Kecamatan Banjarsari banyak hal yang bisa saya lakukan, pelajari serta bisa saya jadikan sebagai pengalaman. Pada bulan November saya ditugaskan dibagian kesekretariatan dimana hal-hal atau kegiatan yang saya lakukan atau dapat saya pelajari yaitu misalnya seperti, belajar untuk melakukan input data realisasi POK (Pengendalian Operasional Kegiatan) APBN Tahun Anggaran 2021, belajar untuk melakukan approve realisasi kegiatan, melakukan checklist dokumen usulan pensiun melalui website portal pegawai kota Surakarta, serta melakukan arsip dokumen dan surat menyurat," terang Rima Elisa Maharani kepada majalahlarise.com.

Kemudian, dikatakannya, pada bulan Desember 2021 dirinya pindah tugaskan oleh Camat Banjarsari dibagian pelayanan umum agar belajar untuk proses meng-online kan data. 

"Pada bagian pelayanan umum tersebut, saya melayani (membantu) terkait dalam hal kepengurusan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Identitas Anak (KIA) serta legalisir surat pengantar non perijinan. Tidak hanya hal itu, saya juga berusaha untuk membantu dalam proses pengajuan terkait pembuatan KK maupun KTP baru / hilang / rusak maupun perubahan data yang saat ini telah dilakukan secara online melalui aplikasi “dukcapil dalam genggaman”, sehingga saya juga sekaligus melakukan sosialisasi tentang penggunaan aplikasi pelayanan dukcapil mengingat masih banyak masyarakat yang belum tahu atau paham bagaimana cara penggunaan aplikasi tersebut," paparnya.

Selain hal tersebut, dirinya juga ikut berkontribusi dalam kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh kantor Kecamatan Banjarsari misalnya seperti menjadi dirigen dalam sebuah acara TPPK, kemudian sebagai operator dalam acara sosialisasi pengurangan sampah, melakukan dokumentasi pada acara “Sosialisasi Penyusunan GAP (Gender Analysis Path) dan GAB (Gender Budget Statement)”.

Setiap hari pukul 07.15 seluruh karyawan maupun staf di kantor Kecamatan Banjarsari rutin melaksanakan apel pagi di kantor Kecamatan Banjarsari yaitu mulai dari hari Senin-Jumat pukul 08.00 sampai 12.00, yang kemudian berlanjut pada pukul 16.00 sampai 20.00 dimana kantor Kecamatan Banjarsari ini masih tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat sedangkan mahasiswa magang bertugas hingga pukul 16.00 saja

"Meskipun mungkin beberapa kegiatan tidak sesuai dengan jurusan kuliah saya, akan tetapi kegiatan-kegiatan yang telah saya lakukan tersebut justru memberikan saya pengalaman yang cukup banyak seperti bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan setiap orang dan memahami berbagai karakter orang yang berbeda-beda, konsisten dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan, disiplin waktu, responsif dan tetap profesionalitas dalam menjalani pekerjaan," ujarnya. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top