PEMBELAJARAN MUSIK MENGGUNAKAN SOFTWARE PENULISAN NOTASI MUSIC SCORE CREATOR

Print Friendly and PDF

PEMBELAJARAN MUSIK MENGGUNAKAN SOFTWARE PENULISAN NOTASI MUSIC SCORE CREATOR 

Oleh : Dedi Junianto, S.Pd

Guru Seni Musik SMKN 4 Surakarta, Jawa Tengah

Dedi Junianto, S.Pd


       Guru dalam mengajar di masa pandemi Covid-19 ini haruslah aktif dan kreatif. Pembelajaran di masa pandemi ini mengandalkan pembelajaran secara online membuat guru harus berfikir bagaimana menyampaikan materi secara jelas dan singkat. Hal ini memicu guru untuk mencoba menganalisis pembelajaran baik dari materi maupun pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran.

       Penggunaan perangkat pembelajaran yang sedang popular dan dapat dengan mudah diakses oleh peserta didik tentunya akan menjadi pilihan yang sangat tepat, dalam hal ini penggunaan Hendphone sebagai alat pembelajaran dirasa akan banyak membantu, dimana mayoritas peserta didik saat ini telah memiliki perangkat Handphone dengan Oprasional System Android sehingga ini sangat memungkinkan untuk digunakan sebagai perangkat ajar.

       Penulis sebagai guru mata pelajaran seni musik di SMKN 4 Surakarta menggunakan aplikasi peulisan notasi Score Creator sebagai media pembelajaran yang dapat diterapkan pada materi-materi yang berkaitan dengan seni musik, seperti teori musik, simbol-simbol notasi dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan notasi.

      Score Creator adalah aplikasi komposisi musik yang dirancang khusus untuk platform seluler (iOS & Android). Ini adalah alat sederhana namun cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam menulis musik. Terlepas dari kegiatan penulis lagu, komposer, atau hanya pecinta musik yang dapat membaca dan menulis notasi musik, Anda akan menemukan aplikasi ini sebagai alat yang berguna dan penting untuk membuat musik.

      Media pembelajaran menggunakan aplikasi ini memberikan pengalaman tersendiri untuk peserta didik, dimana peserta didik bisa mengetahui dan langsung mendengarkan notasi yang mereka tulis, baik dari suara, harga notasi dinamika, tempo dan hampir semua symbol penulisan bisa di dengar langsung pada aplikasi ini, hal tersebut tentunya akan banyak membantu kemudahan peserta didik dalam memahami materi.

       Dari pemaparan di atas, penulis dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan Aplikasi Score Creator pada pembelajaran seni musik,  semakin mempermudah peserta didik dalam memahami materi serta  membuat peserta didik semakin kreatif dalam berkarya serta mampu mengembangkan bakat seni musik yang dimiliki peserta didik disaat pandemi Covid-19. 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top