Hetty Dwi Agustin, S.Pd (Guru SMPN 3 Surakarta), Jadi Guru Mengabdi dan Menginspirasi

Print Friendly and PDF

 

Hetty Dwi Agustin, S.Pd saat foto bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Etty Retnowati, SH, MH usai penyerahan piala lomba HGN dan HUT PGRI 2021.

Hetty Dwi Agustin, S.Pd (Guru SMPN 3 Surakarta), Jadi Guru Mengabdi dan Menginspirasi

Solo- majalahlarise.com - Memperoleh juara harapan pada lomba penulisan Best Practice bagi guru se-Kota Surakarta dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan PGRI 2021 menjadi kado terindah yang diterima Hetty Dwi Agustin, S.Pd yang saat ini mengabdi sebagai guru mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Surakarta.

Guru yang saat ini mendapat amanah dari Dinas Pendidikan Kota Surakarta sebagai Google Trainer tentang akun belajar.id ini mengaku bahagia mendapatkan juara harapan penulisan best practice guru. Sebab bast practice yang merupakan proses pembelajaran jarak jauh telah dilakukannya selama masa pandemi Covid-19.

"Tahun lalu saya ikut lomba menulis artikel dari PTK dapat juara. Tahun ini lomba menulis best practice dikarenakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dimasa pandemi tidak bisa. Sehingga yang dilombakan menulis best practice," ujarnya kepada majalahlarise.com. Sabtu (27/11/2021).

Lebih lanjut dikatakan, best practice dilombakan adalah PJJ inspiratif yang bisa menginspirasi guru lain agar bisa melakukan proses pembelajaran jarak jauh secara menarik untuk siswa.

"Best practice yang saya buat yaitu best practice vlog dan komik foto. Menggunakan vlog untuk pembelajaran siswa saya," terangnya.

Mengenai best practice vlog, wanita yang akrab disapa bu Hetty ini menjelaskan vlog khusus ditugaskan kepada siswa terutama kelas 9 terkait Kompetensi Dasar (KD) 4.4 dengan pembelajaran teks prosedur.

"Langkahnya, siswa membuat video memasak yang mereka sukai di rumah dilakukan secara praktik langsung bertutur menggunakan bahasa Inggris. Mulai dari menyebut judulnya, mau memasak apa, kemudian bahan-bahannya apa saja langkah pembuatannya diucapkan dalam bahasa Inggris," ungkapnya.

Menurutnya, dengan vlog ini siswa melakukan learning be doing dalam bahasa Inggris. Sehingga diharapkan bahasa Inggris bisa dipelajari siswa dan bermakna dalam kehidupan sehari-hari serta menarik. Karena bentuknya vlog.

"Siswa memvideo kemudian dikirim ke google class room yang sudah saya buat. Pembelajaran jarak jauh ini memanfaatkan google class room," tuturnya.

Wanita yang baru saja memperoleh kenaikan golongan ke IVb ini berharap kedepannya setiap ada lomba menulis dalam rangka HGN dan HUT PGRI berusaha berpartisipasi sekaligus ingin terus berkarya dalam menulis yang saat ini sudah menulis buku ber-ISBN.

"Saya tetap mengabdi menjadi guru dan ingin menginspirasi bagi siapa saja," harapnya. (Sofyan)


1 komentar:

  1. Mantabb ikii.. Masya Allah..
    Sukses selaluu bu Hetty.. Smg membawa kebaikan untuk semua.. Aamiin..

    BalasHapus


Top