KSPP Fakultas Ekonomi Univet Adakan Pelatihan Penulisan Berita dan Opini

Print Friendly and PDF

Tampilan layar webinar pelatihan penulisan berita dan opini.


KSPP Fakultas Ekonomi Univet Adakan Pelatihan Penulisan Berita dan Opini

Sukoharjo- majalahlarise.com -Kelompok Studi Penalaran dan Penulisan (KSPP) Fakultas Ekonomi Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo mengadakan Webinar Penulisan Berita dan Opini menghadirkan narasumber Sofyan Yuli Antonius, S.Sos (Wakil Pemimpin Redaksi Majalah Edukasi dan Pengelola majalahlarise.com). Sabtu (20/11/2021).

Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Gustita Arnawati Putri, SE, MSI mewakili Dekan Fakultas Ekonomi, Purwanto, SE, MM dalam sambutan sekaligus membuka webinar menyampaikan acara ini menarik yang diikuti tidak hanya dari mahasiswa Fakultas Ekonomi tetapi dari luar bahkan ada dari SMK. Acara ini merupakan gayung bersambut dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang telah dicanangkan oleh mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset Dikti.

Ketua panitia Nilasari Seftiana menyerahkan sertifikat pelatihan kepada narasumber, Sofyan Yuli Antonius, S.Sos.


"Penulisan berita dan opini ini penting untuk melatih mahasiswa bisa menulis berita dan opini. Dampaknya dalam ini mahasiswa juga mampu membuat caption berjualan yang rapi, menarik dan menjual," tuturnya.

Lebih lanjut, pihaknya berharap acara diadakan berlanjut rutinitas. KSPP kedepannya dapat memfasilitasi kegiatan serupa dalam bentuk kuliah umum kemasannya per kelas berjumlah 20 mahasiswa.

"Kuliah mendatangkan pakar itu wajib yaitu kolaborasi antara praktisi dan akademisi. Melalui kegiatan ini semoga ilmu yang diperoleh sangat bermanfaat," ucapnya.

Sementara itu, ketua panitia Nilasari Seftiana dalam laporan kegiatan mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan juga peserta webinar.

Narasumber pelatihan saat foto bersama dosen Fakultas Ekonomi dan panitia kegiatan.


"Meskipun dilaksanakan secara virtual karena saat ini masih dalam keadaan pandemi, acara webinar ini diikuti oleh 80-peserta terdiri dari 70-an peserta dari mahasiswa prodi manajemen selebihnya dari luar ada dari SMK maupun mahasiswa perguruan tinggi lain," ujarnya.

Dalam pemaparan materi, narasumber Sofyan Yuli Antonius menyampaikan materi tentang pengertian berita, kriteria atau ciri penanda kejadian yang dapat dinilai sebagai berita, struktur penulisan berita dan langkah-langkah menulis berita.

"Dalam menulis berita memperhatikan unsur 5W+1H, yaitu Apa yang terjadi  (What), di mana kejadiannya (Where), kapan terjadinya (When), siapa yang terlibat dalam kejadian (Who), mengapa peristiwa itu terjadi (Why), dan bagaimana kejadiannya (How). Saat membuat berita langsung ditulis dengan teknik Piramida terbalik yaitu informasi yang paling penting ditulis pada awal berita," terangnya.

Disampaikan pula, kolom opini di surat kabar merupakan sarana yang diberikan oleh redaksi untuk pembaca surat kabar menyuarakan pemikiran maupun gagasan mengenai berbagai topik yang ada dalam kehidupan baik itu peristiwa terbaru, tentang politik, masalah publik. (Rin)


Baca juga: BKPPD Kabupaten Pacitan Melakukan Monev Studi Lanjut ASN Kabupaten Pacitan di Program Studi Kesehatan Masyarakat 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top