Mahasiswa KKN Bantu Pengembangan UMKM di Era Pandemi Covid-19

Print Friendly and PDF

Bayu Pamungkas membantu pengembangan UMKM.

Mahasiswa KKN Bantu Pengembangan UMKM di Era Pandemi Covid-19

Sukoharjo- majalahlarise.com -Bayu Pamungkas, mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara yang melaksanakan KKN di desa Kerten, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Melakukan observasi permasalahan ekonomi di desa Kerten adalah langkah awal yang dilakukan dalam KKN ini. Setelah dilakukannya observasi ditemukan bahwa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat terdampak adanya pandemi Covid 19.

Salah satu warga yang merasakan penurunan penghasilan yang sangat besar akibat pandemi ini adalah Bapak Widodo, yang memiliki usaha peternak lele.

“Pandemi Covid 19 dan diberlakukannya PPKM membuat usaha saya sepi pengunjung dan menurunya penjualan lele saya mas," ujar Bapak Widodo.

Berdasarkan permasalahan ekonomi yang terjadi di desa Kerten akibat pandemi Covid 19, Dalam program kerja KKN Bayu berinisiatif membantu meningkatkan penjualan melalui media online. Bayu, memberikan teori marketing untuk mengembangkan penjualan lele yang sebelumnya sudah ada ditengah masyarakat. ke depan masyarakat bisa berwirausaha dengan mengunakan media sosial marketing. Hal tersebut dapat menghemat biaya promosi dan memperluas pemasaran.

“Tidak hanya itu, mahasiswa KKN juga membantu UMKM untuk memperluas pasar dengan memasukkan produknya ke marketplace, seperti Shopee, Bukalapak, dan sosial media instagram dan Facebook harapannya produk UMKM bisa diminati oleh masyarakat diluar Kota,” ujar Bayu.

Diharapkan setelah adanya kegiatan KKN ini bisa memotivasi para UMKM agar memanfaatkan digital marketing dalam meningkatkan minat konsumen secara luas. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top