FISIP Univet Bantara Tandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama MoU dengan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Surakarta

Print Friendly and PDF

Dekan FISIP Univet Bantara, Drs. Joko Suryono, M.Si dan Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul menunjukan naskah nota kesepahaman kerjasama (MoU) yang telah ditandatangani.

 

FISIP Univet Bantara Tandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama MoU dengan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Surakarta

Sukoharjo- majalahlarise.com -Dekan FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo, Drs. Joko Suryono, M.Si didampingi Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Hariyanto, S.Sos, M.I.Kom menandatangani naskah nota kesepahaman kerjasama (MoU) dengan Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Surakarta, Anas Syahirul. Jumat (24/9/2021) di kantor PWI Monumen Pers Surakarta.

Dekan FISIP Univet Bantara, Drs. Joko Suryono, M.Si saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan kerjasama antara FISIP Univet Bantara dengan PWI Surakarta sebagai salah satu bentuk penajaman pembelajaran untuk mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi yang mengarah pada keterampilan, pengetahuan, keahlian dibidang jurnalistik serta mendekatkan dengan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

"Metodenya kerjasama dengan PWI adalah mahasiswa diberi pelatihan keterampilan keahlian dibidang jurnalistik. Apakah itu menulis berita, menulis feature, mengambil gambar foto," terangnya.

Prosesi penandatanganan naskah kesepahaman kerjasama MoU.

Lebih lanjut, Joko Suryono menjelaskan setelah mahasiswa dilatih memiliki pengetahuan dan keterampilan tersebut, mereka nantinya akan dimagangkan ke lembaga-lembaga pers di bawah naungan PWI Surakarta. Seperti di Solo Pos, Jateng Pos, Joglo Semar, jaringan Metta Media dan lainnya.

"Mahasiswa kita magangkan di sana selama enam bulan dan kita akui 20 SKS. Jadi ini lebih terencana dengan lembaga yang menaungi pers yaitu PWI. Karena kita bekerjasama secara perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi lebih mudah," tuturnya.

Disampaikan pula, mahasiswa setelah pelatihan dan magang tersebut, mereka setelah lulus nantinya punya sertifikat kompetensi jurnalistik setingkat dengan jurnalis muda lewat uji kompetensi wartawan yang dilakukan oleh Dewan Pers.

"Uji kompetensi yang dilakukan Dewan Pers itu ada tiga kategori yaitu jurnalis muda, jurnalis madya dan jurnalis utama. Kita kerjasama dengan PWI arahnya mencetak alumni yang memiliki sertifikat mendampingi ijazah yang mengarah pada jurnalis muda," ujarnya.

Disinggung kapan dimulai implementasi dari kerjasama ini, Joko Suryono menyampaikan dimulai pada semester ini sebagai implementasi dari kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

"Kita juga mewadahi untuk mahasiswa yang kuliah kerja komunikasi tidak enam bulan tapi tiga bulan nanti bisa diakui 10 SKS," terangnya.

Menurut pria yang ramah ini, Ketua PWI Anas Syahirul menyambut baik kegiatan ini karena mereka juga memiliki visi dan misi ikut mencerdaskan masyarakat melalui kegiatan jurnalistik.

"Sebetulnya sama, kita lewat lembaga pendidikan dan mas Anas lewat Persatuan Wartawan Indonesia yang memiliki misi sama yaitu mencerdaskan masyarakat lewat kegiatan jurnalistik," katanya. (Sofyan)


Baca juga: KKN Univet 2021, Pembuatan Minuman Kesehatan Wedang Uwuh 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top