KKN Univet 2021, Pembuatan Minuman Kesehatan Wedang Uwuh

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Univet membuat minuman wedang uwuh.


KKN Univet 2021, Pembuatan Minuman Kesehatan Wedang Uwuh 

Wonogiri- majalahlarise.com -Pandemi Covid-19 telah menelan korban jiwa baik di indonesia maupun di dunia. Untuk menghadapi pandemi yang sudah cukup lama masyarakat tidak boleh cemas dan panik, harus selalu menjaga protokol kesehatan secara ketat agar terhindar dari virus tersebut. Selain itu juga harus menjaga kesehatan dengan minum minuman yang meningkatkan imunitas tubuh. Masyarakat belum banyak yang mengetahui tentang jenis minuman ini. Oleh karna itu mahasiswa KKN Univet 2021, Aisyah Almaah Sholihah di Desa  Jati Bedug, Wonogiri mensosialisasikan pembuatan minuman pada beberapa pemudi di desa Jati Bedug, Wonogiri.

Minuman tersebut adalah Wedang Uwuh. Wedang Uwuh merupakan salah satu minuman warisan leluhur yang sangat menyehatkan dan berasal dari rempah-rempah tanaman seperti daun, ranting, jahe maupun serutan. Wedang artinya minuman sedangkan uwuh artinya sampah dalam bahasa jawa, yang berarti berasal dari campuran berbagai tanaman. Sosialisasi pembuatan Wedang Uwuh dari campuran berbagai bagian tanaman.

Sosialisasi pembuatan wedang uwuh dari campuran berbagai bahan herbal berkhasiat bertujuan untuk meningkatkan  kreativitas dan produktivitas pemudi di desa kauman dalam memanfaatkan berbagai tanaman herbal berkhasiat. Wedang Uwuh ini sangat cocok diminum untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Cara pembuatannya adalah jahe digeprek hingga pipih, kemudian rebus hingga sarinya keluar. Campurkan cengkeh, daun cengkeh, kayu manis, daun pala, kayu secang dan gula batu, rebus semua bahan selama 15 menit. Angkat setelah warna air rebusan berubah merah. Sajikan tanpa disaring. Wedang Uwuh hanya bisa dimasak satu kali dan tidak boleh dipanaskan agar kandungannya tidak berkurang. Selain disajikan saat masih hangat, wedang uwuh imi juga bisa disajikan dengan es batu supaya lebih segar. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top