Pembuatan Alat Hand Sanitizer dan Penerapan Alat Hand Sanitizer Bersama Pemuda Desa di Masjid Al- Jariyah Jerengan

Print Friendly and PDF

Betha Sanjaya saat foto bersama takmir masjid usai pembuatan alat Hand Sanitizer.

Pembuatan Alat Hand Sanitizer dan Penerapan Alat Hand Sanitizer Bersama Pemuda Desa di Masjid Al- Jariyah Jerengan 

Klaten- majalahlarise.com -Betha Sanjaya (23) Mahasiswa Fakultas Teknik (TI), Program Studi Teknik Industri, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021 yang dilaksanakan selama 45 hari dimulai pada tanggal 16 Agustus 2021 hingga 30 September 2021.

KKN di Era pandemi ini sangat berbeda dengan KKN pada umumnya. KKN pada umumnya mengabdi kepada masyarakat di desa yang belum terlalu maju dengan konsep kelompok. Sedangkan KKN tahun ini dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo dilaksanakan di desa Jerengan, Jatimulyo, Pedan, Klaten, Jawa Tengah.

Hal ini dikarenakan adanya pandemi corona yang mewabah hingga penjuru dunia salah satunya di Indonesia. Agar memutuskan persebaran virus corona yaitu dengan sosial distancing atau menjaga jarak dan mengurangi pengumpulan masa. Dampak dari pandemi corona ini sangat banyak salah satunya pada kebersihan dalam mencuci tangan saat beraktivitas. Aktivitas yang sering dilakukan yaitu seperti beribadah dimasjid dan yang paling banyak jemaahnya pada saat sholat jum’atan.

"Dikarenakan KKN Mandiri dalam pembuatan alat handsanitizer bekerja sama dengan pemuda desa Jerengan. Dimulai dari perancangan yang didiskusikan bersama-sama dan dilanjutkan dengan membuat bersama-sama alat handsanitizer, hingga pemasangan alat handsanitizer yang diletakkan di masjid Al-Jariyah yang terletak didesa Jerengan, Jatimulyo, Pedan, Klaten sebagai upaya pencegahan Covid-19," terang Betha Sanjaya kepada majalahlarise.com.

Bahan yang diperlukan saat membuatan alat handsanitizer yaitu besi bekas, plat bekas komputer, kawat, engsel, dan baut.  Sedangkan alat yang digunakan yaitu gerinda tangan, bor tangan, mesin las listrik, penggaris siku, meteran, dan spidol.

Pembuatan alat handsanitizer bersama dengan pemuda desa Jerengan agar menjalin kebersamaan dalam pencegahan Covid-19.

Dengan pembuatan alat handsanitizer ini besar harapan kepada warga Desa Jerengan dapat selalu mencuci tangan sehingga dapat meminimalisir terjangkitnya Covid-19 yang sedang melanda negara ini. (Sofyan)


Baca juga: Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Unisri Semangati Anak-anak Panti Asuhan


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top