Mahasiswa KKN-T UNISRI Mengedukasi Pelaku UMKM Bertahan Dimasa Pandemi

Print Friendly and PDF

Devita Sari mengedukasi sosialisasi melalui poster "Tips UMKM bertahan di masa Pandemi" yang dilaksanakan door to door dengan pelaku UMKM.


Mahasiswa KKN-T UNISRI  Mengedukasi Pelaku UMKM Bertahan Dimasa Pandemi

Pacitan- majalahlarise.com -Imbas dari pandemi COVID-19 seakan terus menghantui seluruh lini kehidupan perekonomian  termasuk para pelaku UMKM di Dusun Tugu, Desa Ngromo ,Pacitan. Omset yang mulai menurun dan pelanggan yang mulai sepi menambah deretan panjang dampak negatif dari adanya pandemi ini. Hal ini memunculkan ide dari Devita Sari salah satu mahasiswa KKN-Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka UNISRI 2021 untuk memberikan edukasi mengenai Tips UMKM bertahan dimasa Pandemi. 

Dalam keterangan tertulis, Devita Sari menyampaikan dikarenakan adanya pembatasan kegiatan, maka pemberian edukasi dilaksanakan dengan sosialisasi melalui poster "Tips UMKM bertahan di masa Pandemi" yang dilaksanakan door to door dengan pelaku UMKM di dusun Tugu, Desa Ngromo, Pacitan. Kamis (5/8/2021).

Lebih lanjut dijelaskan untuk saat ini masyarakat terutama di daerah Dusun Tugu, Desa Ngromo, Pacitan belum sepenuhnya mengetahui mengenai pemanfaatan teknologi untuk penyokong kegiatan UMKM. Hal ini disebabkan kurangnya sosialisasi dan penyuluhan mengenai pemanfaatan teknologi. Padahal itu merupakan peluang yang bagus untuk menstabilkan pendapatan mereka kembali. 

“Maka dari itu tugas saya sebagai mahasiswa yang merupakan agen of change untuk bisa sedikit membawa perubahan untuk perekonomian Desa Ngromo guna merealisasikan Tema KKN-T UNISRI tahun 2021 yaitu Mewujudkan Desa Bangkit!" ujar Devita Sari.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan bertempat di UMKM Dusun Tugu, Desa Ngromo ini terlihat antusias dari pelaku UMKM akan kehadiran Mahasiswa KKN-T UNISRI. Tips yang diberikan oleh Devita Sari selaku mahasiswa KKN-Tematik adalah menyusun taktik digital marketing , beralih pada e-commerce atau market place, membuat produk yang relevan dan bermanfaat seperti bonus masker untuk pembelian dengan jumlah tertentu dan melakukan promosi yang menarik. 

“Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan dukungan penuh dari pihak pemerintah desa Ngromo, Pacitan sehingga mahasiswa KKN-Tematik  dapat memaksimalkan sosialisasi ini,” imbuhnya. (Sofyan)


Baca juga: TIM KKNT MBKM UNISRI Ajak Masyarakat Berinvestasi Emas Sejak Dini


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top